Kadin Sultra Siap Laksanakan Arahan Mendagri

Ekobis1539 Dilihat

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian meminta para pihak di Sulawesi Tenggara (Sultra) menekan inflasi daerah, hal itu disampaikan melalu rapat via zoom meeting yang diikuti oleh Pemprov Sultra, Forkopimda Sultra, Kadin Sultra, Bulog dan lembaga lainya. Sabtu, 27/2023.

Kata Tito Karnavian, inflasi yang terjadi kini merupakan dampak pandemi covid 19 yang terjadi kurang lebih 3 tahun terkhir.

“Dampak dari covid 19 ini luar biasa seluruh aktifitas tergganggu dan sebagian berhenti hal ini menyebabkan keterpurukan ekonomi baik ditingkat petani, nelayan, pedagang sampai pada industri dan pabrik. Olehnya itu kami meminta kepada seluruh jajaran yang terkait di daerah untuk fokus mengendalikan inflasi,” bebernya.

Dikonfirmasi terpisah Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Sultra, Anton Timbang mengatakan bahwa inflasi bukan sesuatu yang harus dihilangkan tetapi harus dikendalikan. Upaya yang bisa dilakukan yakni menjaga ketersediaan barang serta memastikan distribusi barang lebih lancar.

“Mengenai inflasi di Sultra saat ini sekitar 5,30% ini disebabkan beberapa faktor yakni transportasi, makanan dan minuman, pada dasarnya disebabkan tingginya permintaan dan stok terbatas pada sisi konsumen inflasi dapat menyebabkan menurunnya daya beli tapi pada sisi produsen inflasi merupakan berkah karena mereka mendapatkan harga jual yang lebih tinggi,”paparnya.

Yang harus dilakukan sambung ketua IMI Sultra ini mengupayakan atau menyegerakan masyarakat untuk memanfaatkan lahan kosong atau lahan pekarangan agar lebih produktif, melakukan kerjasama antara daerah (KAD) dengan daerah produsen untuk memastikan ketersediaan barang yang dibutuhkan.

“Serta melakukan operasi pasar atau sidak untuk memastikan tidak terjadi upaya menahan barang oleh pedagang besar atau distributor dan terakhir melaksanakan pasar murah tujuannya disamping membantu masyarakat yang kurang mampu juga sebagai acuan agar pedagang tidak menaikkan harga tanpa aturan,”tuturnya.

 

Reporter : Dandy
Editor      : Rasman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *