oleh

KBST Jalankan Program Unggulan di 2022, Tingkatkan literasi dan Sastra

-Kendari-531 Dilihat

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – Mewujudkan literasi kebahasaan dan kesastraan, melestarikan bahasa daerah serta mengoptimalkan tata kelola badan pengembangan dan pembinaan bahasa, Kantor Bahasa Sulawesi Tenggara (KBST) memiliki tiga program prioritas yang dilaksanakan di 2022.

Tiga program prioritas itu papar Kepala KBST, Uniawati, literasi kebahasaan dan kesastraan, perlindungan bahasa dan sastra, dan internasionalisasi Bahasa Indonesia. Pihaknya telah melakukan berbagai kegiatan dalam mewujudkan program-program tersebut.

“Diantaranya kita menggandeng generasi muda, menggelar webinar, dan pemberdayaan komunitas,” ungkapnya, Sabtu (10/12/2022).

Selain itu, terang Uni begitu ia disapa, KBST juga menyusun Kamus Bergambar Bahasa Pulo (Wakatobi) – Indonesia 2022, menggandeng pemangku kepentingan hingga pelajar dan universitas, agar program dapat berjalan dengan baik. Pemberdayaan generasi muda yang dilakukan yakni menggandeng duta bahasa mengabdi di Asinua, Konawe dan Konawe Kepulauan.

“Kami pun melakukan bedah buku dan referensi buku. Hingga pembinaan pengutamaan Bahasa Negara di ruang publik dan dokumen lembaga,” tambah dia.

Adapun terkait perlindungan dan pemodernan, KBST melaksanakan pementasan sastra lisan dan revitalisasi sastra lisan tambi di Kadatua. Semua yang dilaksanakan Kantor Bahasa ini perlu dukungan semua pihak baik pemerintah dan masyarakat.

“Tidak hanya dengan pemerintah tetapi kami menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi di dalam dan luar Sultra,” tutup Uni.

Reporter : Nurul
Editor       : Rasman

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.