oleh

Lansia di Mandonga Dapat Bantuan ZIS dari Wali Kota

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir, menyerahkan bantuan Zakat Infak dan Sedekah (ZIS) ASN kepada 32 Lansia Jl. Laute III Lorong ADB Kelurahan Mandonga, Kecamatan Mandonga, Kamis (05/11/2020) sore.

Wali Kota Kendari mengatakan, sangat mengapresiasi kegiatan yang telah dilaksanakan Baznas Kota Kendari. Kata dia, Zakat Infak dan Sedekah (ZIS) yang di bagikan ini, sebagian besarnya berasal dari zakat profesi ASN Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari.

” Dua tahun terakhir saya telah menghimbau kepada ASN Kota Kendari untuk menunaikan zakatnya melalui Baznas. Alasannya agar seluruh penghasilan dari pegawai dapat diterima dalam keadaan bersih. Selain itu juga, jika di kelola oleh Baznas jauh lebih luas manfaatnya serta di pastikan semua akan tersalur,” ungkap Wali Kota Kendari.

Lanjut Wali Kota mengatakan,  Pemerintah Kota Kendari terus berupaya mendorong ASN Pemkot Kendari untuk melaksanakan zakatnya melalui Baznas. Selain itu Baznas agar dalam pendistribusian ZIS ini tidak hanya untuk kebutuhan konsumtif.

“Kedepanya saya inginkan distribusi ZIS ini kalau bisa sebagian dalam bentuk produktif  dan tidak selalunya konsumtif,” ujarnya.

Ketua harian Baznas Kota Kendari H. Alimudin K, mengatakan, tahun Ini Baznas telah memberikan bantuan modal kepada para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM).

“Sampai hari ini kami telah memberi bantuan sebanyak 136 orang, dengan jumlah dana Rp 174.000.000. Sementara untuk tahun 2021 Baznas telah memprogramkan pemberian bantuan kepada 356 orang pelaku usaha dengan dana Rp 400.000.000,” jelasnya.

Lanjut Alimudin, untuk bantuan fakir miskin Baznas telah memberi bantuan sebanyak 1.897 orang dengan dana yang terdistribusikan sebesar Rp 437.400.000, selanjutnya bantuan pendidikan, kesehatan, keagamaan dan dakwa serta kegiatan – kegiatan fisabilillah.

“Baznas telah mengeluarkan kurang lebih Rp 250 jt ditambah kegiatan- kegiatan lain yang sifatnya insidentil tanpa mengikat, sehingga total Dana yang di keluarka sampai saat ini mencapai 1 miliar lebih,” ungkap Alimudin.

Turut hadir dalam pendistribusian bantuan ZIS ini Camat Mandonga, Lurah Mandonga, Kabag Kesra, dan Warga Lorong ADB Kelurahan Mandonga.

Reporter : Jamal

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait