oleh

Mahasiswa UHO Minimalisir Dampak Covid-19 Melalui Media Sosial

KENDARIAKTUAL.COM KENDARI – Mahasiswa Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari melakukan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Terintegrasi KKN Tematik dengan Judul Optimalisasi Pemahaman Hukum Masyarakat Melalui Media Sosial Sebagai Sarana Edukasi Dalam Upaya Meminimalisir Dampak Covid-19.

Ketua Tim Pengabdian KKN Tematik Guasman Tatawu mengatakan Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk memngoptimalkan pemahaman masyarakat melalui media sosial sebagai sarana edukasi dalam upaya meminimalisir dampak covid-19 di lokasi masing-masing peserta KKN Tematik.

“Kasus covid-19 di Sulawesi Tenggara terus bertambah sehingga diperlukan upaya untuk membantu pemerintah daerah dalam penanganan dan pencegahan penyebaran covid-19 melalui kegiatan pengabdian masyarakat terintegrasi KKN Tematik untuk mengurangi dan menekan penyebaran covid-19,” kata dia, Kamis (13/8/2020).

Ia melanjutkan, beberapa permasalahan yang dihadapi oleh pemerintah daerah khususnya di Sulawesi Tenggara dalam pemyebarluaskan informasi tentang covid-19 antara lain masih banyak beredar berita bohong (hoax) melalui media sosial seperti instagram, whatsapp dan lain-lain.

Adapun program kerja KKN Tematik yang dilakukan adalah Sosialisasi Langkah Pencegahan Penyebaran Covid-19, Sosialisasi Mengenai Social Distancing atau Physical Distancing, Sosialisasi untuk Penerapan New Normal, Sosialisasi Pengetahuan tentang Covid-19, Sosialisasi Gerakan Menggunakan Masker dan Sterilisasi fasilitas umum dan fasilitas sosial bekerjsama dengan PMI Kendari.

“Metode yang kami lakukan adalah sosialisasi dengan memanfaatkan media sosial instagram sebagai sarana edukasi. Selain itu juga ada metode pendekatan secara langsung seperti pembagian masker, handsanitizer, serta sterilisasi fasilitas umum dan fasilitas sosial,” ujarnya.

Untuk diketahui, KKN Tematik ini terselenggara sebagai kegiatan pengabdian dosen dengan pelibatan 22 orang mahasiswa yang dilaksanakan dari tanggal 12 Juni 2020 s/d 12 juli 2020. adapun lokasi KKN tematik dilaksanakan dilokasi masing-masing peserta KKN antara lain di Kota Kendari, Kabupaten Bombana, Kabupaten Muna, Kabupaten Buton, Kabupaten Buton Selatan, Kabupaten Buton Tengah, Kabupaten Kolaka, Kabupaten Kolaka Timur,  Kabupaten Kolaka Utara, Kabupaten Konawe Selatan dan Kabupaten Konawe Utara.

 

Reporter : Hadi Suryadi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *