oleh

Nakes Puskesmas Tinanggea Konsel Jalani Vaksinasi

KEDARIAKTUAL.COM,ANDOOLO – Tenaga Kesehatan (Nakes) di Puskesmas kecamatan Tinanggea Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Sulawesi Tenggara (Sultra) mulai menjalani vaksinasi covid-19. Vaksinasi perdana diwilayah itu digelar di Puskesmas Tinanggea. Senin (8/2/2021).

Kepala Puskesmas Tinanggea Ilham Hilal mengatakan, dirinya merupakan orang pertama yang menerima vaksinasi hari ini. Total ada 68 tenaga kesehatan yang ada di puskesmas tersebut.

“Alhamdulillah saya tadi pembuka divaksin, perasaan saya saat ini baik, jadi tidak perlu khawatir, vaksin ini aman,” kata Ilham saat diwawancarai usai disuntik vaksin.

Puskesmas Tinanggea akan melakukan proses vaksinasi selama tiga hari sampai pada tanggal 11 februari. Meski begitu, pihaknya belum memastikan semua Nakes di Puskesmas tersebut akan di vaksin. Pasalnya ada syarat medis yang harus dipenuhi calon penerima vaksin.

“Kita hari ini 33 orang yang di screening, tapi baru 9 orang yang di vaksin yang lain tunda karna belum memenuhi syarat untuk di vaksinasi,” kata Ilham saat diwawancarai usai disuntik vaksin.

Ilham menambahkan, beberapa nakes di puskesmas tinanggea memiliki riwayat penyakit, seperti darah tinggi,  pernah terpapar Covid-19 atau memiliki penyakit penyerta lainya.

Dari pantauwan awak media ini, ada empat tahap proses yang dilewati para nakes dalam proses pemberian vaksin. Dimulai di meja pertama untuk proses pendaftaran, kemudian yang kedua untuk proses pengecekan kondisi kesehatan, proses penyuntikan vaksin. Kemudian meja terakhir untuk konsultasi keluhan pasca vaksinasi.

Sementara itu, kepala dinas Kesehatan Konsel dr. Maharayu mengungkapkan, telah mendistribusikan vaksin Covid-19 produksi Sinovac ke seluruh puskesmas kecamatan didaerah itu.

“Ada 24 kecamatan yang kita salurkan, semua sudah tersalur logistiknya,” kata Maharayu saat diwawancarai Senin (8/2/2021).

Vaksin tersebut akan disuntikkan kepada para Tenaga Kesehatan (Nakes) yang ada di Konawe Selatan. Total ada 1.625 nakes di Konsel yang akan divaksinasi.

Saat ini pihaknya tengah melakukan pendataan untuk melakukan vaksinasi tahap selanjutnya. Setelah Nakes, TNI, Polri baru setelah itu vaksin akan menyasar ke masyarakat.

Reporter : Ari
Editor      : M Rasman Saputra

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terkait