Pagelaran Seni Budaya, Lestarikan Budaya yang Mulai Hilang

Advetorial937 Dilihat

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – Pemerintah Kota Kendari menyelenggarakan pagelaran seni dan budaya memperingati HUT ke 192 Kota Kendari tahun 2023.

Acara yang berlangsung di pelataran Tugu Religi, Rabu (3/5/2023) malam. Dibuka Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari juga dihadiri Ketua DPRD Kota Kendari dan Forkopimda.

Ketua DPRD Kota Kendari Subhan mengaku, mendukung upaya yang dilakukan Pemerintah Kota Kendari dengan menggelar lomba seni dan budaya memeriahkan HUT Kota Kendari.

PAGELARAN BUDAYA – Pagelaran Budaya dilaksanakan dalam rangka HUT Kota Kendari. FOTO : IWAHYU / KENDARIAKTUAL.COM

Menurut ketua DPRD, upaya melestarikan adat dan budaya harus terus dilakukan agar hal itu tetap dikenal oleh masyarakat, khususnya para generasi muda.

“Budaya-budaya di Kota Kendari ini kan banyak hampir jarang kita lihat, makanya festival budaya ini menampilkan kembali agar bagaimana bisa memelihara, melestarikan kembali budaya-budaya kearifan lokal agar bisa diketahui generasi kita sekarang dan yang akan datang,” jelasnya.

Pembukaan pagelaran seni dan budaya dimulai dengan penampilan tari kreasi yang menggambarkan tentang keanekaragaman budaya dan suku yang ada di Kota Kendari.

Pj. Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu menjelaskan, rangkaian HUT Kota Kendari akan berlangsung hingga tanggal 12 Mei 2023 ditutup dengan upacara dan ramah tamah.

ASMAWA TOSEPU

Dia menjelaskan, perayaan HUT Kota Kendari akan mengangkat sejumlah kegiatan seni dan budaya Suku Tolaki, untuk melestarikan berbagai budaya yang sudah hampir hilang, sehingga kegiatan ini sangat penting untuk melestarikan kebudayaan tersebut.

“Saya punya keyakinan bahwa, manakala adat istiadat budaya ini kita bisa jadikan sebagai landasan kita semua dalam melaksanakan aktivitas kita masing-masing, bagaimana unsur-unsur kearifan lokal bisa menjadi bagian dalam semua kegiatan kita dalam bidang kita masing-masing,” ungkapnya.

Menurutnya, kegiatan-kegiatan seperti ini, merupakan upaya menumbuhkembangkan, membina, menjaga dan melestarikan adat dan budaya yang ada di Kota Kendari, sebagai bagian dari keragaman budaya bangsa Indonesia.

Asmawa juga menyampaikan terima kasih semua pihak yang telah berpartisipasi dan menyukseskan perayaan HUT Kota Kendari tahun 2023.

Acara pembukaan pagelaran seni dan budaya rangkaian HUT Kota Kendari juga diisi dengan eksebisi lomba Modinggu dan Megambusu.

Acara ini, ditutup dengan lulo bersama Pj Wali Kota Kendari bersama Forkopimda dan para kepala OPD.

Untuk di ketahui, pagelaran seni dan budaya sudah dimulai dengan lomba Mondarima Osara yang diikuti seluruh kepala OPD lingkup Kota Kendari.

Pagelaran seni budaya lainnya akan dilombakan selanjutnya, diantaranya, lomba Modinggu, Mombesara, tari Lariangi dan Megambusu. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *