oleh

Pandemi Buat Tingkat Hunian Hotel di Kendari Menurun

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – Kondisi pandemi Covid-19 yang masih terus berlangsung hingga saat ini, membuat tingkat hunian hotel di Kendari menurun. Terlebih di awal tahun 2021 saat ini, obsen hotel-hotel di Kendari juga ikut menurun akibat kondisi tersebut.

Salah satu hotel di Kendari yang merasakan hal tersebut, yakni Hotel Plaza Kubra Kendari. Roniyanto Budhy Manager Plaza Kubra Kendari mengatakan, situasi itu sudah mulai terasa sejak Maret 2020,  dan semakin munurun hingga saat ini.

“Karena Covid-19 imbasnya ke hotel sangat terpukul, dari tingkat hunian 70 persen-80 persen. Tapi selama adanya Covid-19 hanya bisa mencapai 10 persen-15 persen,” bebernya, saat ditemui kendariaktual.com, Kamis (4/2/2021).

Untuk mengatasi itu, lanjut Roniyanto Budhy, pihak hotel terpaksa membuat diskon besar-besaran untuk menarik minat pelanggan. Diskon yang diberikan pun berpariatif, mulai dari 30 persen hingga 35 persen. Padahal sebelumnya, pemberian diskon hanya berkisar 5 persen hingga 10 persen.

“Harga kamar kami turunkan drastis, karena kurangnya hunian. Yang harganya Rp450 ribu menjadi Rp275 ribu, permalamnya,” ujarnya.

Bahkan, sambungnya, saat malam pergantian tahun 2021 tingkat hunian hotel hanya pencapai sekitar 65 persen hingga 75 persen.

“Malam pergantian tahun sebelum adanya Covid-19 tingkat hunian itu 100 persen. Bahkan dari jauh hari sudah di pesan memang, dan sangat jauh berbeda dengan kondisi sekarang,” ucapnya.

Roniyanto Budhy, menambahkan untuk menutupi pemasukan dari hunian kamar, mereka hanya berharap dari kegiatan yang digelar pemerintah.

“Okupansi sangat didukung oleh kegiatan-kegitan pemerintah yang biasa dilakukan awal tahun, di bulan tiga,” tutupnya.

Reporter: Apriliana
Editor: Randi Ardiansyah


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.