oleh

Patung Oputa Yi Koo Didirikan Diatas Laut Ini Alasannya

-Kendari-131 Dilihat

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI  – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggarq (Sultra) membangun Patung pahlawan nasional Oputa Yi Koo  diatas laut bertujuan untuk menceritakan perjuangan sultan ke 23 Buton tersebut.

Kepala Dinas Cipta Karya Bina Konstruksi dan Tata Ruang Sultra Pahri Yamsul mengatakan, patung Oputa Yi Koo didirikan diatas laut atas arahan Gubernur Sultra Ali Mazi.

Kata Pahri, Gubernur menginginkan patung Oputa Yi Koo dibangun diatas laut sebab saat melawan penjajah Belanda dia merupakan seorang pelaut yang hebat ketika berperang diatas laut.

“Jadi pembangunannya ipilih diatas laut memiliki alasan yang jelas. Dimana Oputa Yi Koo merupakan seorang pelatih yang hebat saat berperang melawan Belanda,”jelasnya  pada kendariaktual.com,  Kamis (3/2/2022).

Pahrienuturjan, pembangunan patung pahlawan Oputa Yi Koo ini dibangun tanpa melakukan penimbunan. Dengan begitu, ekosistem yang ada ditepi laut sekitar kota mara Baubau tidak rusak.

Selain itu Pahri mengungkapkan, patung Oputa Yi Koo ini nantinya akan ada museum yang bmwnceritakan tentang perjalanan  sang pahlawan nasionalelawan Belanda.

“Isya allah tahun ini tahap pertama pbangunam patung oputa Yi Koo ini tuntas tahun ini. Tahun selanjutnya akan kami lanjutkan untuk menuntaskan pbanguna patung ini,”tuturnya.

Penulis  : Rasman 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.