oleh

Patung Oputa Yi Koo Mulai Dibangun Tahun Ini

-Baubau, Kendari-456 Dilihat

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – Patung pahlawan nasional asal Sulawesi Tenggara yang juga Sultan Buton ke 23 Oputa Yi Koo akan dimulai tahun ini pembangunannya. Rencananya pembangunan patung pahlawan nasional Oputa Yi Koo ini akan didirikan dipantai Kota mara Kota Baubau dan menelan anggaran Rp 20 milliar.

Kepala Dinas Cipta Karya Bina Konstruksi dan Tata Ruang Silawesi Tenggara (Sultra) Pahri Yamsul mengatakan, patung pahlawan nasional ini nantinya akan didirikan di tepi pantai Kota mara Kota Baubau. Pengerjaan patung ini rencananya akan dimulai tahun ini dengan anggaran Rp 17 Milliar ditahap pertama.

“Pembanguna Patung Oputa Yi Koo ini rencana akan kita mulai tahun ini. Dimana saat ini sedang akan dilakukan proses lelang untuk menghitung anggaran kebutuhan untuk membangun patung ini,”jelasnya, di ruang kerjanya, Kamis (20/1/2022).

Pahri mengungkapkan, pembangunan patung pahlawan nasional Oputa Yi Koo ini akan berdiri diatas laut. Dimana patung ini nantinya akan berdiri 30 meter kearah laut dengan proses pembangunannya dengan memasang tianv pancang untuk menopang patung tersebut.

“Jadi dalam pembangunan patung Oputa Yi Koo ini dilakukan dengan tiang panjang seperti yang kita lakukan saat membangun masjid Al Alam,”ujarnya.

Selain itu kata Pahri, untuk tahap pertama tahun ini akan dilakukan pembangunan gedung untuk duduknya patung. Gedung ini memiliki tinggi 9 meter dan rencananya akan dijadikan museum yang memuat semua sejarah tentang Oputa Yi Koo.

Adapun untuk tinggi patung ini lanjutnya, akan mencapai 23 meter dan akan menghadap kearah laut. Tinggi patung 23 meter ini memiliki makna Oputa Yi Koo ini adalah Sultan ke 23 di Kerajaan Buton.

“Patung ini akan menunjuk dan menghadap ke laut. Artinya patung ini bermakna tempat menghadap dan arahnya menunjuk ditempat itulah Oputa Yi Koo berjuang melawan penjajah Belanda,”terangnya.

Penulis : Rasman

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.