oleh

Pemprov Sultra Canangkan BIAN, Cegah Campak – Rubela dan Bebas Polio

-Kendari-255 Dilihat

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – Menciptakan daerah yang tangguh dan sehat, Sulawesi Tenggara (Sultra) mencanangkan pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) tahun 2022 yang diselenggarakan di SDN 6 Kendari, Rabu (18/5/2022).

Harmin Ramba selaku Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan Sekretariat Sultra mewakili Gubernur mengungkapkan, kegiatan BIAN ini bertujuan mencegah anak – anak terjangkit campak dan rubela.

“Sekaligus upaya dalam menciptakan Indonesia dan dunia bebas polio di tahun 2026,” terang dia.

Mensukseskan program tersebut, pihaknya menghimbau kepada Dinas Pendidikan baik kota, provinsi, dan kabupaten bersama Dinas Kesehatan maupun stakeholder lingkup Sultra, serta masyarakat agar bersama – sama mendukung kegiatan BIAN ini. Sehingga tercipta generasi muda yang hebat, berkualitas dan sehat.

“Kita harap proses imunisasi ini bisa berjalan lebih cepat dan tepat waktu. Kita yakin dan optimis bisa mencapai target, terukur dari pelaksanaan vaksin Covid – 19,” katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sultra, Agustin Kusumawati, mengatakan, mulai hari ini hingga satu bulan kedepan anak – anak yang akan di imunisasi, pihaknya menargetkan sebanyak 663.958 anak untuk vaksin campak dan rubela.

“Sementara untuk Inactivated Polio Vaccine (IPV) ialah 147.045 anak, dan Oral Polio Vaccine (OPV) sejumlah 68.751 anak, adapun DPT – HB – HIB itu 43.475 anak se – Sultra,” terang dia.

Agar mencapai target, pihaknya telah berkoordinasi dengan dinas kesehatan seluruh kabupaten dan kota terkait ketersediaan vaksin dan tenaga vaksinasi.

“Terkait imunisasi ini, kami menghimbau kepada orang tua agar melaksanakan imunisasi untuk mencegah penyakit diantara campak, rubela, dan polio, termasuk juga hepatitis. Imunisasi ini tidak memiliki efek,” tutur Agustin.

 

Reporter : Nurul
Editor      : Rasman

 


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terkait