oleh

Pengelola Pantai Toronipa Tindak Tegas Pengunjung yang Tidak Taat Prokes

KENDARIAKTUAL.COM, UNAAHA – Jelang akhir tahun 2020, sejumlah lokasi wisata di Sulawesi Tenggara (Sultra) mulai dipadati pengunjung. Salah satunya yakni Pantai Toronipa, yang terletak di kecamatan Soropia, kabupaten Konawe.

Sejak pukul 10.00 wita, Minggu, 27 Desember 2020, ratusan kendaraan baik roda empat maupun roda dua terlihat sudah mulai memadati kawasan itu. Selain libur akhir tahun, libur natal dan akhir pekan juga menjadi faktor ramainya pengunjung di Pantai Toronipa.

Dari pantauan awak media, meski terjadi kepadatan pengunjung namun pihak pengelola Pantai tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes) secara ketat. Hal itu dibuktikan, dengan sejumlah pengunjung yang terpaksa harus dihentikan dan tidak diberi akses masuk lantaran tidak memakai masker.

Salah satu Pengelola Pantai Toronipa, Abd Halim HM mengaku, penerapan prokes yang dilakukan pihaknya sebagai upaya untuk menghindari penyebaran Covid-19 di kawasan tersebut.

“Iya bagi pengunjung baik lokal maupun non lokal yang tidak menerapkan Protkes maka kami tidak memperbolehkannya masuk. Kita periksa semua, mulai dari suhu tubuh, sampai dengan pengunanaan masker,” ungkapnya.

Bagi pengunjung lokal yang tidak menggunakan masker, lanjutnya, maka akan diminta untuk pulang mengambil masker. Namun, bagi pengunjung dari luar kota akan diberikan keringanan dengan diwajibkan untuk membeli masker terlebih dahulu sebelum mendapatkan akses masuk.

“Di sini kita dibantu dari tim gugus tugas Covid-19 kabupaten juga, serta pihak TNI dan Polri. Sehingga tidak ada alasan untuk pengunjung tidak mentaati prokes yang telah ditetapkan, dan yang memiliki suhu tubuh di atas normal tidak akan diizinkan masuk,” tegasnya.

Ia menyebutkan, total ada sekitar dua ribu pengunjung yang memadati kawasan tersebut. Terlebih katanya, ini merupakan Minggu terakhir di tahun 2020.

Meski begitu, ia memperkirakan kepadatan pengunjung baru akan terjadi pada perayaan tahun baru tepatnya, 1 Januari 2021.

“Puncaknya itu tanggal 1 Januari hingga 3 Januari 2021, karena malam tahun baru nanti Pantai Toronipa akan ditutup. Sejauh ini pengunjung yang datang belum ada yang suhu tubuhnya diatas normal baik lokal maupun non lokal, walupun begitu kami tetap memperketat Protkes,” tutupnya.

 

Reporter: Idris E
Editor: Randi Ardiansyah

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terkait