oleh

Pengurus Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca Kota Kendari Dikukuhkan

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – Wali Kota Kendari melantik dan mengukuhkan Pengurus Daerah Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Kota Kendari periode 2021-2025. Kegiatan ini berlangsung di aula SMPN 9 Kendari, Senin (4/10/2021).

Sri Lestari Sulkarnain dilantik menjadi Ketua GPMB bersama puluhan pengurusnya disaksikan Ketua GPMB Pusat yang hadir secara virtual dan Ketua GPMB Sultra Prof Hanna yang hadir secara langsung.

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir mengatakan, minat baca dan literasi harus selalu dikembangkan karena kemajuan peradaban suatu daerah ditentukan seperti apa kualitas literasi masyarakat dibangun.

Menurut dia negara-negara maju di dunia memberikan perhatian ruang sangat besar pada kemajuan literasi salah satu buktinya, mereka bisa menjaga perpustakaan hingga ratusan tahun dan juga mengembangkan perpustakaan modern.

“Perpustakaan punya peran yang tidak kecil, makanya saya minta pada pengurus, ini merupakan panggilan moral, bagaimana kita bisa berkontribusi pada anak-anak muda agar tidak kehilangan identitas. Dan ini harus dimulai dengan kehadiran kita disini sebagai bentuk kontribusi,” ujarnya.

Pasangan Siska Karina Imran ini berharap, ada semangat dan mengedepankan ide dan cita-cita besar dalam mengembangkan minat baca dan literasi, karena dengan itu sumber daya akan mengikut.

Selain membaca wali kota meminta dimulai dari pengurus GPMB membiasakan menulis karena membaca dan menulis sama seperti dua sisi mata uang yang tak bisa dipisahkan.

Sedangkan Ketua GPMB Pusat Prof Cahyo Prayogo mengatakan GPMB merupakan forum perjuangan masa kini di bidang baca secara khusus dan literasi secara umum.

“Pengurus daerah buktikan bahwa minat baca dan literasi tidak serendah nilai yang selalu disampaikan lembaga-lembaga Internasional,” pintanya.

Dukungan mengembangkan minat baca dan literasi di Kota Kendari juga datang dari Ketua GPMB Sultra Prof. Hanna.

Menurutnya, organisasi GPMB merupakan organisasi yang move on atau organisasi penggerak yang dikerjakan secara ikhlas karena nurani.

“Organisasi ini merupakan gerakan dari bawah sehingga pada teman-teman sekalian tugas kita ke depan adalah sebuah tantangan berat, kita diklaim bahwa daya baca kita sangat rendah,” katanya.

Sementara itu, Ketua GPMB Kota Kendari Sri Lestari mengucapkan terimakasih atas dukungan stakeholder yang telah mendukungnya menjadi ketua GPMB Kota Kendari.

Dia mengakui saat ini minat baca masih rendah sehingga GPMB hadir untuk membantu pemerintah untuk meningkatkan minat baca.

“GPMB hadir dengan tujuan untuk meningkatkan literasi dan minat baca dikalangan masyarakat, salah satu program GPMB dalam meningkatkan kecerdasaan dan kualitas sumber daya manusia ialah dengan minat baca,” ungkapnya.

Usai pelantikan dilanjutkan dengan rapat kerja GPMB Kota Kendari tahun 2021.

 

Penulis: Wahyu


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *