oleh

Peningkatan Mutu Riset, IAIN Kendari Datangkan SES dari Jerman

-Pendidikan-619 Dilihat

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – Tingkatkan mutu tridharma perguruan tinggi, IAIN Kendari terus membangun internasionalisasi kampus dengan berbagai kebijakan, melalui kerjasama Internasional. Salah satunya ialah dengan meningkatkan mutu riset yang telah terbangun bersama Senior Expert Service (SES) Jerman difasilitasi oleh Kementerian Agama RI.

SES Jerman telah mengirim tenaga ahli Bidang Riset dan Hubungan Internasional Prof. August Pradetto selama tiga pekan di bulan November 2022. Rektor IAIN Kendari Prof. Dr. Faizah Binti Awad, M.Pd bersama jajaran pimpinan IAIN Kendari menerima kehadiran tenaga ahli ini pada Welcoming Reception dan Courtesy di Ruang Rapat Rektorat IAIN Kendari, Senin (31/10/2022)

“Ini kesempatan emas bagi kita semua untuk belajar dan menimba pengalaman dari Prof. August sebagai salah satu upaya mewujudkan visi internasionalisasi kampus,” ungkapnya.

Pihaknya menyadari sepenuhnya bahwa masih terdapat kekurangan utamanya dalam publikasi internasional. Sehingga, dia berharap kehadiran Prof August dapat menjadi motivasi dalam menggenjot mutu program-program bidang penelitian, publikasi dan kerjasama internasional.

“Dengan kami meminta, pihak fakultas dan unit untuk memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya dalam mendukung program yang sekiranya ikut mempengaruhi akreditasi program studi,” katanya.

Berharap, kerjasama dengan SES dapat berlanjut dengan menghadirkan para tenaga ahli dari bidang ilmu yang berbeda, sebab IAIN Kendari masih membutuhkan dukungan dalam meningkatkan mutu kelembagaan.

Prof. August Pradetto mengatakan, kehadirannya bertujuan membantu menemukan solusi atas masalah yang dihadapi berdasarkan keilmuan dan pengalamannya selama ini. Dia tidak menjanjikan akan terjadi perubahan dalam waktu singkat, namun dia membuka diri untuk bersama-sama berdiskusi menemukan jalan keluar dari stagnasi program riset dan peluang kerjasama internasional.

Direktur Kantor Urusan Internasional IAIN Kendari, Anita Rezki M.Pd mengatakan, pihaknya akan aktif menjadi fasilitator bagi fakultas, unit dan dosen dan pegiat jurnal lingkup IAIN Kendari untuk kegiatan pendampingan penulisan artikel jurnal, pengelolaan jurnal, lokakarya penulisan karya ilmiah.

“Dengan latar belakang pendidikan dan pengalaman dalam bidang penelitian dan publikasi, kami berharap semoga dengan kehadiran Prof. August Pradetto ini bisa memberikan lebih banyak pengetahuan dan membimbing IAIN Kendari untuk meningkatkan kualitas SDM dan output-output yang dihasilkan,” tambahnya.

Kehadiran tenaga ahli SES jerman di IAIN Kendari merupakan tindak lanjut dari permohonan pendampingan tenaga ahli dari SES jerman yang diajukan KUI IAIN Kendari sejak tahun 2020 silam. Namun agenda tersebut sempat tertunda dikarenakan pandemi covid-19 yang melanda dunia. SES Jerman merupakan lembaga non profit yang berdiri sejak tahun 1983 yang bermitra dengan Kementerian Kerjasama Luar Negeri Jerman. SES memiliki representasi pada 90 negara dan secara rutin mengirimkan sekitar 4.000 tenaga ahli setiap tahun ke seluruh dunia.

 

Reporter : Nurul
Editor      : Rasman

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.