Peringati Hardiknas, Dosen di UHO Upacara Gunakan Pakaian Adat

Pendidikan1029 Dilihat

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – Momen upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh pada 2 Mei 2023, para dosen dan tenaga pengajar lingkup Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari kompak mengenakan pakaian adat.

Para dosen dari berbagai fakultas di UHO terlihat gagah dan rupawan dengan balutan pakaian adat khas dari berbagai macam etnis di Indonesia. Terlihat para dosen juga banyak yang mengenakan pakaian adat khas Sulawesi Tenggara (Sultra) seperti pakaian adat Buton, Muna, Tolaki, dan Moronene.

Rektor UHO, Muhammad Zamrun Firihu saat membacakan langsung sambutan Menteri Pendidikan,Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim. Nadiem mengajak tenaga pendidik hingga peserta pendidik untuk terus menyemarakkan program merdeka belajar.

Mengutip pidato sambutan Mendikbudristek, Rektor UHO menuturkan, program merdeka belajar, membawa insan pendidikan makin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hajar Dewantara, yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat, serta potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan anggota masyarakat.

“Oleh karena itu, mari kita semarakkan hari ini dengan semangat untuk meneruskan perwujudan Merdeka Belajar, mendidik generasi pelajar Pancasila yang cerdas berkarakter, dan membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan,”jelasnya pada kendariaktual.com, Selasa (2/5/2023).

Menurutnya, Hardiknas tahun ini adalah waktu yang tepat bagi civitas academica UHO untuk merefleksikan kembali setiap tantangan yang sudah dihadapi, juga setiap jengkal langkah berani yang sudah diambil.

“Dengan merefleksikan hal-hal yang telah kita lakukan sepanjang tahun terakhir ini, kita dapat merancang arah perjalanan kita ke depan guna memastikan keberlangsungan dan keberlanjutan gerakan Merdeka Belajar,” tutupnya.

Reporter : Astin
Editor      : Rasman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *