oleh

Peringati Hari Pahlawan, GMNI Kota Kendari Gelar Parade Jalanan

KENDARIAKTUAL.COM,KENDARI – Dewan Pimpinan Cabang Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Kota Kendari beserta komisariat se-Kota Kendari menggelar aksi refleksi parade jalanan dengan pembacaan puisi, teatrikal, dan persembahan tari serta doa bersama, Jumat (12/11/2021).

Ketua Komisariat DPK GMNI FISIP Rasmin Jaya menyampaikan, bahwa aksi ini adalah sebuah refleksi memperingati dan mengenang jasa – jasa para pahlawan yang telah mendahului generasi hari ini sekaligus menyerukan kesadaran kepada seluruh pemuda, mahasiswa dan masyarakat bahwa momentum 10 November hari pahlawan sebagai hari besar nasional, kita tidak boleh absen begitu saja.

“Apa lagi kita sebagai generasi milenial tentunya dalam menjadi pendobrak arah kemajuan suatu bangsa karna di tangan mereka lah harapan masyarakat. Mengutip juga apa yang di sampaikan oleh bung Karno bahwa Jangan sekali kali Melupakan sejarah,” ucap Rasmin.

Rasmin Jaya juga menambahkan, aksi ini digelar untuk membangun kesadaran nasionalisme dan patriotisme, apa lagi di tengah kondisi dan carut marut bangsa yang dilanda dengan banyak persoalan ini.

Menurutnya para generasi muda tidak boleh menutup mata dengan tergerusnya nilai – nilia kebudayaan lokal dan nasional.

Kata dia, nilai – nilai perjuangan harus terus dilanjutkan mengingat pengorbanan pada pendahulu cukup besar, baik harta maupun nyawa.

“Jika dilihat dari partisipasi dan keikutsertaan dalam merefleksi hari – hari besar itu sangat minim sekali. Hal ini disebabkan banyaknya pengaruh budaya modernisasi dan globalisasi yang merongrong dari pada peradaban bangsa kita khususnya bangsa asing yang masuk di negara kita, sehingga kebudayaan kolektif dan gotong royong seperti yang di cita – citakan Founding father kita. Akibatnya, banyak generasi muda yang melupakan budaya sendiri karena menganggap bahwa budaya asing merupakan budaya yang lebih modern dan bisa dibangga banggakan,” jelasnya.

 

Reporter : Krismawan
Editor : Wahyu


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *