oleh

Pertempuran Pendukung Balon Pilkada Koltim di Dunia Maya

KENDARIAKTUAL.COM, TIRAWUTA – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) sebentar lagi akan digelar. Sesusai jadwal KPU, pemilihan akan dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2020 bersama dengan tujuh kabupaten lainnya di Sulawesi Tenggara.

Memasuki tahap demi tahap, suasana politik di wilayah itu cukup hangat. Pertempuran di media sosial (medsos) guna memenangkan ayam jago pun tak bisa terelakan.

Seperti terpantau di grup Facebook (fb) Kolaka Timur Watch. Disitu, masing-masing pendukung saling mengklaim jagoannya. Tak ayal, berbagai isu kemudian dimainkan, demi meraih simpatik publik, terutama jajaran kalangan pemilih cerdas.

Isu yang dikeluarkan terkadang berujung pada hujatan, saling benci,saling hina alias saling membuli. Itulah perang urat syaraf melalui udara. Beradu argumentasi.

Dari pantauan kami, tiga nama balon kandidat yang cukup santer dibicarakan digrup tersebut oleh masing-masing pendukung. Yaitu pasangan Samsul Bahri Madjid bersama Andi Merya Nur (SBM), Tony Herbiansyah-H Baharuddin dan Sabaruddin Labamba (SBL)-Ismail Iskandar, atau SBL-Irwansyah.

Pendukung SBM baik yang menggunakan akun asli maupun akun palsu terkadang cukup dingin, terkadang juga nakal. Begitu pula sebaliknya akun palsu yang mendukung Tony-H Baharuddin,kadang dingin, kadang pula usil.

Lucu bercampur aneh, akun palsu pendukung Tony-Baharuddin tidak hanya memposting jagoannya, tetapi kadangkala ‘kegatalan’ menyatroni urusan SBL dalam merebut pintu.

Sengaja memajang postingan rekomendasi surat tugas SBL dari PAN untuk mencari pasangan, maupun rekomendasi berisikan penetapan SBL-Ismail Iskandar.

Biasa pula melempar postingan gosip bahwa PDIP, Demokrat dan Gerindra akan diambil oleh SBL. Orientasinya, meredup semangat pendukung SBM yang ada dalam grup tersebut.

Celakanya bagi akun pendukung Irwansyah. Apabila rekomendasi PAN betul-betul jatuh ke tangan SBL-Ismail Iskandar (kader Golkar), maka menjadi cambuk buat mereka. Gosip duet SBL-Irwansyah secara otomatis akan lenyap dengan sendirinya. Irwansyah pun terpaksa harus bangun dari mimpinya untuk dipinang oleh SBL.

Tapi, ada saja jalan yang dilakukan akun pendukung Irwansyah. Postingan selama ini bergambarkan SBL-Irwansyah, diubah mendadak menjadi Hj Nursanti-Irwansyah.
Nursanti sendiri seperti sudah tak ada kabar lagi di Pilkada Koltim. Akun pendukungnya sekejap hengkang di grup fb Kolaka Timur Watch.

Head to Head Bayangi Pilkada Koltim

Melihat dari perjuangan balon dalam merebut tiket parpol saat ini, besar kemungkinan bakal terjadi ‘duel’. Bayangan head to head sangat berpotensi mewarnai Pilkada Koltim yang dihelat pada 9 Desember 2020.

Diprediksi secara prematur, duel akhir tahun itu antara pasangan Samsul Bahri Madjid bersama Andi Merya Nur (SBM) melawan incumbent pasangan Tony Herbiansyah-Baharuddin.

Pasangan SBM diprediksi akan bertarung dengan mengendarai mesin partai PDI-P, Demokrat, PAN bahkan partai Gerindra. Sementara pasangan Tony-Baharuddin menggunakan partai NasDem, PKS, Golkar dan PBB.

Jauh hari sebelum tahapan KPU dimulai memang tanda-tanda kedua pasangan ini bakal singel jelas terlihat. Masing-masing pendukung geliat bermanuver, ‘menjual ayam jagonya’ baik melalui sosial media maupun pemasangan baliho ataupun spanduk serta mendirikan posko-posko pemenangan.

Hasil akhir segala penentuan masih dalam proses. Balon kandidat pilkada saat ini masih berupaya merebut rekomendasi partai-partai pengusung Pilkada. Finishnya, semua nampak kelihatan setelah pendaftaran secara resmi di kantor KPU Koltim. *

Catatan : Adinda Putri Amelia

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait