oleh

Pinjam Anggaran Untuk Pembangunan RS Tipe D Tidak Tepat

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – Anggota DPRD Kota Kendari La Ode Ashar menilai langkah Pemerintah Kota (pemkot) meminjam uang ke PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) untuk membangun rumah sakit (RS) Tipe D dinilai tidak tepat.

Menurut Ashar, proses peminjaman untuk pembangunan RS Tipe D saat ini sudah disetujui oleh DPRD Kota Kendari seiring ditetapkannya Kebijakan Umum Plavon Anggaran (KUPA) 2021 melalui sidang paripurna lembaga legislatif di ibukota Sulawesi Tenggara ini.

Tetapi politisi Partai Golkar ini mengungkapkan, peminjaman ke PT SMI untuk membiayai membangun RS Tipe D menjadi tidak tepat, lantaran saat pembahasan KUPA Perubahan 2020 Dinkes Kota Kendari mengusulkan anggaran untuk meningkatkan kapasitas empat puskesmas.

“Hal ini menjadi pertanyaan kami kenapa Pemkot begitu getol berencana membangun RS Tipe D sampai meminjam anggaran ratusan miliar, sementara puskesmas di Kota Kendari masih membutuhkan peningkatan kapasitas,”jelasnya di ruang kerjanya, Senin (7/9/2020).

Dalam pembahasan KUPA Perubahan 2020 lanjutnya, Dinas Kesehatan Kota Kendari mengajukan anggaran Rp 150 juta untuk setiap puskesmas dan puskesmas pembantu. Seharusnya, jika Pemkot Kendari peka akan persoalan ini kenapa anggaran yang dipinjam dari PT SMI tersebut digunakan untuk menigkatkan kapasitas puskesmas di Kota Kendari.

Sebab RS tipe D yang akan dibangun oleh Pemkot tahun depan tuturnya, hanya satu tingkat diatas klasifikasi puskesmas pelayanannya. Jadi sekali lagi pihaknya sangat menyayangkan kalau Pemkot meminjam anggaran sebegitu besar hanya untuk membangun RS Tipe D.

“Rasionalnya, pemkot lebih baik membenahi seluruh puskesmas di Kota Kendari menjadi puskesmas rawat inap ketimbang membangun RS Tipe D. Terlebih lagi dalam pembahasan KUPA Perubahan terungkap masih ada puskesmas di Kota Kendari yang membutuhkan anggaran untuk meningkatkan pelayanannya,”tuturnya.

Jadi secara logis ujarnya, pembangunan RS Tipe D tidak tepat untuk dilaksanakan. Lebih baik membenahi dan membangun baru puskesmas lama dan Pemkot masih memiliki lahan untuk melakukan ini. Selain itu dengan anggaran itu puskesmas bisa tingkatkan peralatan kesehatan guna meningkatkan pelayanannya.

Reporter : Rezky

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *