oleh

Semester Genap Tahun Depan, Poltekes Kendari Optimis Gelar Kuliah Tatap Muka

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – Politeknik Kesehatan (Poltekes) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Kendari. Optimis gelar perkuliahan tatap muka pada semester genap awal tahun 2022 mendatang.

Direktur Poltekes Kemenkes Kendari Askrening mengungkapkan, saat ini pihaknya telah membuka dan memberikan izin perkuliahan tatap muka dalam skala terbatas.

“Kalau untuk perkuliahan tatap muka sekarang kami memang sudah mulai membuka, tapi masih di batasi hanya untuk prakteknya dulu. Dan tetap menjalankan protokol kesehatan,” katanya pada kendariaktual.com, Selasa (16/11/2021).

Dikatakannya, syarat bagi tenaga pendidik dalam hal ini dosen, dan mahasiswa untuk mengikuti proses perkuliahan tatap muka ialah sudah menerima dosis vaksin dan melakukan swab antigen.

“Syarat perkuliahan tatap muka juga adalah harus sudah divaksin. Dan mereka wajib melakukan swab antigen. Namun untuk saat ini skalanya masih 25 persen, tetapi kemungkinan untuk tahun depan akan kami upayakan untuk mencapai 50 persen,”  tuturnya.

Ditemui secara terpisah, Kepala Sub Bagian (Kasubag) Akademik dan Kemahasiswaan Poltekes Kemenkes Kendari Zulfikar Fajar menjelaskan, perkuliahan tatap muka di Poltekes Kemenkes Kendari masih terbatas pada praktek laboratorium.

Kepala Sub Bagian (Kasubag) Akademik dan Kemahasiswaan Poltekes Kemenkes Kendari Zulfikar Fajar
Kepala Sub Bagian (Kasubag) Akademik dan Kemahasiswaan Poltekes Kemenkes Kendari Zulfikar Fajar

“Untuk perkuliahan tatap muka semester genap itu rencananya sudah dilaksanakan. Dan semester ini sebenarnya sudah ada edaran dari Kementerian Pendidikan untuk pelaksanaan tatap muka. Namun dalam skala terbatas itu porsinya hanya 50 persen. Tetapi kebijakan di Poltekes yang boleh tatap muka itu hanya praktek laboratorium,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, saat ini pihaknya belum mengeluarkan Surat Edaran (SE) terkait pelaksaan perkuliah tatap muka bagi dosen dan mahasiswa.

“Kalau untuk perkuliah tatap muka, sementara waktu kami belum mengeluarkan edaran. Kami masih menunggu mahsiswa dan dosen sudah divaksin dosis satu dan dua serta sudah rapid test dan swab antigen. Dan tentunya sarana prasana perkuliahan tatap muka di masa pandemi sudah tersedia,” lanjutnya.

Namun, sesuai SE Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan laju angka penyebaran Covid-19 terus membaik. Pihaknya optimis gelar perkuliahan tatap muka semester genap mendatang.

“Kalau tidak ada kebijakan baru dari satgas Covid nasional, Insya Allah tahun depan sesuai edaran kementerian maka kami siap melaksanakan perkuliahan tatap muka di semester genap nanti,” tegasnya.

 

Reporter : Erviana Hasan
Editor      : Wahyu


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait