oleh

Siswa SD Kota Baubau Wakili Sultra di KSN Tingkat Nasional

KENDARIAKTUAL.COM, BAUBAU – Empat siswa Sekolah Dasar (SD) di Kota Baubau berhasil lolos seleksi Kompetisi Sains Nasional (KSN) 2021 dan mewakili Sulawesi Tenggara (Sultra) di tingkat nasional.

Menanggapi hal teserbut, Kepala Seksi (Kasi) Peserta Didik, Pendidik dan Tenaga Kependidikan SD. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Baubau Umi Kalsum mengatakan. kompetisi tahunan dalam bidang sains bagi para siswa SD tersebut diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (PPN) di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek).

“Kegiatan ini diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional yang berada dibawah naungan Kemendikbudristek. Kegiatannya juga berlangsung secara online karena memang kondisi kita belum sepenuhnya sembuh dari pandemi,” kata ia saat dihubungi kendariaktual.com Kamis (11/11/2021).

Menurutnya, dengan terselenggaranya kegiatan tahunan seperti ini. Pemerintah harus lebih terbuka dalam hal memberikan dukungan baik bagi para siswa/siswi maupun guru pembina dan pihak terkait lainnya.

“Lomba-lomba seperti ini memang harus sering diadakan. Dan kepada pihak pemerintah daerah baik itu tingakat dua maupun satu, benar-benar harus mensuport penuh penyelenggaraan kegiatan seperti ini. Tidak hanya pada para siswa tetapi juga para pembina yang turut andil mempersiapkan anak-anak ini,” ungkapnya.

Adapun keempat siswa/siswi tersebut diantaranya untuk bidang Matematika Ni Kadek Sulastri (SD Negeri Karing Karing), Rannan Halwah Linazharin Gani (SD Negeri 3 Baubau),

Wa Ode Fayza Qania Firsta Winata Hamuri (SD Wangkanapi). Sedangkan untuk bidang IPA
Steven Faustin Chandra (SD REGINA PACIS BAUBAU).

“Ini kan sudah tingkat nasional, dan Kota Baubau itu ada 4 orang yang mewakili Sultra ke Nasional untuk tingkat sekolah dasar 3 orang untuk cabang lomba matematika dan 1 orang lagi di cabang lomba IPA,” bebernya.

Untuk itu ia berharap, kedepan penyelenggaraan KSN dapat diselenggarakan secara tatap muka dan penyaluran informasi terkait hal tersebut dapat dengan mudah diakses dan diperoleh para pihak terkait. Serta para siswa/siswi perwakilan Sultra dapat memberikan hasil yang terbaik dalam perlombaan tingkat nasional tersebut.

“Harapan saya semoga pandemi segera berlalu sehingga kita bisa melaksanakan lomba-lomba semacam ini secara offline. Dan semoga anak-anak mendapatkan hasil yang maksimal,” pungkasnya.

“Pemerintah kota Baubau dalam hal ini Dinas Pendidikan akan terus memberikan support baik kepada peserta ataupun Pembina, dan akan terus dimaksimalkan,” imbuhnya

Untuk diketahui penyelenggaraan KSN Nasional diselenggarakan secara daring sejak 7 hingga 13 November 2021 mendatang. Dan diikuti sebanyak 544 siswa/siswi tingkat SD/MI.

Reporter : Erviana Hasan
Editor      : M Rasman Saputra


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *