oleh

Tim PKK Pusat Cek Program Pokja II PKK Kota Kendari di Kelurahan Mokoau

-Advetorial-264 Dilihat

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – Ketua II Bidang Pendidikan dan Peningkatan Ekonomi Keluarga Tim Penggerak PKK Pusat Ninuk Triyanti Zudan mengunjungi kelurahan Mokoau Kecamatan Kambu Kota Kendari, Kamis (6/10/2022).

Kunjungan ini terkait program unggulan Pokja II yakni Gerakan keluarga Indonesia dalam peningkatan kualitas pendidikan, keterampilan dan pengelolaan ekonomi keluarga (Gelari Pelangi). Kedatangan rombongan PKK Pusat, PKK Provinsi Sulawesi Tenggara dan ketua PKK kabupaten/ kota disambut dengan musik bambu siswa-siswi SMPN 7 Kendari.

Kemudian kunjungan dilanjutkan pada stand pameran Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK kecamatan se Kota Kendari, Rumah Baca Asri Lestari dan Toko PKK Kelurahan Mokoau.

Rombongan juga disajikan dengan yel-yel cegah stunting yang dibawakan tim PKK Kecamatan Puuwatu. Yel-yel ini merupakan pemenangan dalam jambore PKK tingkat provinsi Sulawesi Tenggara.

Tim PKK Pusat Cek Program Pokja II PKK Kota Kendari di Kelurahan Mokoau

Ketua II Bidang Pendidikan dan Peningkatan Ekonomi Keluarga Tim Penggerak PKK Pusat Ninuk Triyanti Zudan mengaku kaget dengan kondisi PKK di Kelurahan Mokoau karena sudah dilengkapi dengan taman baca hingga toko PKK.

Menurutnya pendidikan yang baik dan keterampilan yang bagus maka pembentukan karakter juga lebih mudah dilaksanakan. Kemudian dengan ekonomi yang kuat ketahanan keluarga bisa diciptakan.

“Luar biasa, disini saya tidak hanya melihat kegiatan Pokja II sepertinya, ini semua kegiatan 10 program pokok PKK ada disini semua, ini diluar ekspektasi kami sebetulnya, bayangan saya cuma ada ruangan atau gedung kecil untuk kegiatan gemar membaca tapi ternyata sudah lengkap ada toko PKK juga kegiatan Pokja I, II, III dan Pokja IV,” pujinya.

Dengan kondisi yang lengkap seperti ini, maka kota Kendari layak dijadikan pilot project percontohan bagi kabupaten/kota lain, dimana pelaksanaan program unggulan PKK disatukan dalam sebuah lokasi sehingga ketua PKK lebih efisien dan lebih mudah menjalankan program unggulannya.

Dia meminta agar semakin memperluas pemasaran produk yang sudah ada tidak hanya sistem offline, namun bisa dilakukan secara online. Apalagi saat ini PKK Pusat bekerjasama dengan salah satu marketplace untuk memberikan pelatihan dan pendamping pada pelaku usaha binaan PKK.

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir menyampaikan terimakasih atas dukungan dan bimbingan Tim PKK Pusat terhadap tim PKK Kota Kendari yang terus memberikan masukan untuk perbaikan dan peningkatan kualitas karya tim PKK Kota Kendari.

Tim PKK Pusat Cek Program Pokja II PKK Kota Kendari di Kelurahan Mokoau

Wali kota mengaku seluruh capaian Pemerintah Kota Kendari saat ini tak tak lepas dari peran tim PKK, salah satunya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Kendari tahun 2021 berada pada peringkat 4 nasional.

“Indeks Pembangunan Manusia itu ada tiga variabel utamanya, yang pertama sektor pendidikan, kemudian yang kedua kesehatan dan yang ketiga ekonomi, ketiga sektor ini saya kira peran PKK signifikan,” karakter wali kota.

Pasangan Siska Karina Imran ini meminta, seluruh pengurus PKK kecamatan dan kelurahan lebih semangat dalam mengajak masyarakat atau stakeholder terus berkarya.

Sementara itu Ketua PKK Kota Kendari Sri Lestari Sulkarnain menjelaskan implementasi program Gelari Pelangi di Kota Kendari diantaranya, pembentukan rumah Dilan di Kelurahan Purirano, taman baca dan toko PKK di Kelurahan Mokoau.

“Dalam mengoptimalkan penyebaran informasi dan dokumentasi kegiatan tim penggerak PKK maka dibuatlah website PKK Kota Kendari yang bisa diakses seluruh warga Kota Kendari,” ucapnya.

Website PKK tersebut selanjutnya diresmikan oleh Ketua II Bidang Pendidikan dan Peningkatan Ekonomi Keluarga Tim Penggerak PKK Pusat Ninuk Triyanti Zudan dilanjutkan dengan penyerahan sejumlah bantuan diantaranya bantuan buku baca, alat spinner dan bantuan bibit buah pada sejumlah kelompok wanita.

Penulis: Wahyu

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.