oleh

7 Tips Bernapas Lega Saat Terserang Flu

-Tips-6 views

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – Flu adalah salah satu penyakit yang kerap kali melanda tubuh anda. Flu terjadi akibat daya tahan tubuh yang kurang baik.

Saat terserang flu biasanya anda akan merasa batuk, sakit tenggorokan, sakit kepala, menggigil, demam dan merasa lemas. Sering kali saat terserang flu anda juga merasa tidak nyaman saat bernafas dikarenakan hidung yang tersumbat dengan lendir.

Dikutip dari hellosehat.com berikut adalah 7 tips untuk anda agar bisa bernafas lega saat terserang flu.

1. Mandi Air Hangat
Salah satu gejala paling umum saat anda terserang flu adalah deman (pilek). Nah mandi air hangat bisa membantu tubuh anda untuk gejala deman/pilek agar anda dapat beristirahat dengan nyaman.

2. Makan Makanan Hangat
Saat menderita flu biasanya nafsu makan bisa saja berkurang, anda bisa menyiasatinya dengan mengkonsumsi makanan-makanan pilihan yang dapat memberi energi dan nutrisi bagi tubuh anda seperti kaldu atau sup kedua makanan ini selain mengandung banyak vitamin juga dapat membuat tubuh anda merasa lebih lega saat flu.

3. Melembapkan Udara Ruangan
Saat cuaca sedang tidak menentu seperti saat ini, biasanya tubuh cenderung merasa lelah akibat suhu udara yang selalu berganti. Dalam kondisi seperti ini flu sangat mudah menyerang tubuh anda, untuk menyiasatinya anda bisa mulai dengan melembapkan suhu udara di rumah ataupun ruang kerja anda, agar flu yang di derita tidak semakin parah.

4. Tidur Dengan Bantal Tambahan
Saat flu tidur dengan posisi kepala sedikit lebih tinggi bisa membuat anda lebih lega untuk bernafas. Untuk memulai itu anda bisa melakukannya dengan meninggikan bantal kepala anda saat sedang tidur. Posisi seperti ini akan membantu menghilangkan hidung tersumbat menjelang tidur.

5. Gunakan Balsam
Ada berbagai cara yang bisa anda gunakan saat terserang flu/pilek salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk bernafas lebih lega saat diserang flu adalah dengan menggunakan obat luar seperti balsam atau minyak kayu putih sebagai penghangat tubuh. Penggunaan balsam atau minyak kayu putih membuat anda lebih mudah bernapas saat menghirup aromanya yang melegakan.

6.Menggunakan Semprotan Garam
Selain menjadi bahan baku di dapur ibu garam juga ternyata di percaya bisa membuat napas menjadi lebih lega saat anda terserang flu. Menggunakan semprotan garam dapat membantu menjaga saluran hidup tetap terbuka dengan membersihkan alergen yang dapat menyebabkan hidung anda tersumbat.

7. Minum Obat
Saat tubuh anda terserang flu memang sangat tidak menyenangkan hal ini cenderung membuat tubuh anda sulit bernapas lega. Selain ke enam cara di atas hal yang bisa juga anda lakukan untuk bernapas lebih lega saat flu adalah dengan mengkonsumsi obat-obatan. Ada beberapa obat herbal yang bisa anda konsumsi seperti jahe,bawang putih, teh hijau, daun mint dan madu.

Reporter : Erviana Hasan


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait