oleh

Antisipasi Bencana Wali Kota Kendari Canangkan Penanaman 1000 Pohon

-Kendari-28 Dilihat

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – Wali Kota Kendari mencanangkan penanaman seribu pohon dalam rangka bulan bakti pengurangan resiko bencana (PRB) tahun 2021, di Kelurahan Abeli Dalam, Kecamatan Puuwatu, Kota Kendari, Selasa (30/11/2021).

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir, mengatakan, kegiatan yang dicanangkan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kendari itu sangat berkaitan dengan dengan visi Kota Kendari untuk mewujudkan kota yang layak huni, berbasis ekologi, informasi dan teknologi.

“Ketika kita membangun daerah kita tentu tidak boleh kita hanya melihat fisiknya saja, membangun infrastruktur, tetapi kita tetap juga harus memperhatikan keseimbangan alam,” ujar Wali Kota Kendari.

Untuk itu Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari dalam membuat kebijakan, khususnya dalam melaksanakan pembangunan tetap memperhatikan aspek lingkungan.

Kegiatan itu juga menurut Wali Kota mempunyai dampak positif khususnya untuk masyarakat dan mengajak masyarakat agar generasi yang akan datang tetap bisa menikmati suasana alam yang asri.

Orang nomor satu di Kota Kendari itupun berharap pohon yang di tanam itu dapat dipelihara, sebab menurutnya bencana tidak dapat diketahui datangnya kapan dan berasal dari mana.

“Sebab bapak ibu, kalau bencana sudah datang sering kali suka saling menyalahkan, kita tidak mau itu terjadi,” ucapnya.

Disisi lain Kepala BPBD Kota Kendari, Paminuddin, menyebutkan dalam bulan bakti itu pihaknya bakal menyasar lokasi rawan bencana secara rutin pada 11 kecamatan di Kota Kendari.

PRB itu bakal menyasar sejumlah kali, fasilitas sosial dan perumahan warga di Kota Kendari.

“Khusus di Kecamatan Puuwatu 1000 bibit yang kita sediakan, dukungan dari kehutanan provinsi, dukungan dari BPDAS Sampara,” ungkapnya.

Agar program pengurangan resiko bencana itu dapat terus berlanjut pihaknya bakal merencanakan penanaman 1000 pohon setiap tahunnya.

Selain membuka kegiatan bulan bakti pengurangan resiko bencana, Wali Kota juga menyerahkan sejumlah bantuan alat kerja, masker dan handsanitizer pada tiap kelurahan di Kecamatan Puuwatu.

 

Penulis  : Wahyu


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terkait