oleh

BMKG Ingatkan Waspada Cuaca Buruk Hingga 3 Hari ke Depan

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sulawesi Tenggara (Sultra) ingatkan masyarakat, terkait dengan cuaca buruk dan gelombang tinggi yang masih akan berlangsung hingga tiga hari ke depan, Senin (15/2/2021).

Prakirawan Cuaca BMKG Sultra, Faizal Habibie mengungkapkan, fenomena itu terjadi akibat dampak dari peningkatan curah hujan yang masih terus berlangsung, yang berakibat beberapa daerah mengalami curah hujan yang cukup ekstrim seperti Konawe Utara (Konut) dan Kolaka Utara (Kolut).

“Hal ini harus di waspadai terlebih aktivitas gelombang tinggi, diperkirakan masih akan terus berlangsung hingga 3 hari ke depan,” bebernya.

Untuk gelombang tinggi, katanya, diperkirakan masih akan melanda sekitar perairan Baubau bagian utara dan selatan, perairan Wakatobi bagian utara, selatan dan timur serta perairan laut Banda bagian timur ke barat.

“Ini merupakan dampak dari suhu permukaan laut yang tengah hangat, dan kelembapan udara yang cukup rendah dilapisan bawah. Sehingga potensi peningkatan curah hujan dan tinggi gelombang masih akan terus berlangsung,” bebernya.

Ia pun mengingatkan, kepada masyarakat utamanya yang beraktivitas di laut agar terus mengupdate informasi terbaru dari BMKG terkait dengan kondisi cuaca serta tinggi gelombang. Sehingga potensi mitigasi bencana bisa diminimalisir, terlebih pihaknya telah memprediksi akan terjadinya gelombang tinggi sekitar 1 hingga 2 meter di sejumlah perairan di Sultra.

“Sabtu kemarin kita sudah prediksi, akan terjadi gelombang tinggi di sekitar perairan Sultra. Dengan tinggi gelombang 1,25 meter hingga 2,5 meter,” tutupnya.

Reporter: Abdi Sabriansyah
Editor: Randi Ardiansyah

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terkait