oleh

Bupati Konsel Studi Banding ke Madiun Demi Kembangkan Porang

KENDARIAKTUAL.COM,ANDOOLO – Bupati Konawe Selatan (Konsel) Sulawesi Tenggara (Sultra) Surunuddin Dangga tertarik untuk mengembangkan tanaman Porang di wilayah otoritasnya. Untuk mewujudkan rencananya itu, Surunuddin langsung menggelar studi banding ke kota Madiun Jawa Timur. Senin (13/9/2021).

Untuk meningkatkan pengetahuan terkait tanaman tersebut, Surunuddin memboyong Kadis Pertanian dan Holtikultura Hidayatullah, Camat Kolono Muh Taufik Amin Lar, Ketua Tim Percepatan Pembangunan Daerah (TP2D) Konsel Samsu dan Kades Ulunese Zainuddin.

“Banyaknya minat dan usulan masyarakat terkait Budidaya Porang serta anjuran Departemen Pertanian tentang Gerakan Ekspor Komoditas Andalan melatar belakangi kegiatan studi banding ini dilakukan,” kata Surunddin.

Disamping itu kondisi agraris yang cocok dan ketersediaan lahan yang masih luas, sehingga sangat perlu dilakukan Integrasi farming antara Budidaya Porang dan Tanaman tahunan lainnya.

“Saya pimpin langsung kunjungan ini agar pengambilan kebijakan tentang Budidaya Porang tepat sasaran dan berhasil untuk mendorong peningkatan pendapatan petani,” Ungkapnya.

Pihaknya meminta penjelasan teknis cara budidaya porang yang baik, seperti pemilihan lokasi, pengolahan, penyediaan bibit, cara tanam, perawatan hingga sasaran market pasca panen.

Dalam kunjungannya itu, Bupati Surunuddin meninjau langsung lokasi budidaya Porang tepatnya di Desa Sumberbendo Kecamatan Sardan, selanjutnya melihat Pabrik Porang Asia Prima Konjac di Desa Kuwu Kecamatan Balerejo Kabupaten Madiun.

Dengan potensi yang dapat bernilai ekonomis, Bupati bakal membantu petani dengan berupaya menganggarkan penyediaan bibit porang berkualitas plus pembinaan oleh Dinas terkait, sehingga produktifitas hasil panen memuaskan dengan mutu terjamin.

Kunjungan bupati Konsel beserta rombongan ini diterima langsung Bupati Madiun Ahmad Dawami Ragil Saputro bersama jajaran di Pendopo Ronggo Jumeno Rumah Jabatannya.

Reporter : Ari
Editor      : M Rasman Saputra


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait