oleh

Dosen UHO Kembangkan Dispenser Hand Sanitizer Terintegrasi Dengan Pengukur Suhu

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – Dengan menggunakan Dispenser, tim PKMI UHO kembangkan tempat penampungan Hand Sanitizer automatis terintegrasi pendeteksi suhu tubuh sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

Ketua Tim Program Kemitraan Masyarakat Internal Universitas Halu Oleo (PKMI-UHO,) Mustarum Musaruddin  mengatakan, tujuan dari program PKMI ini ialah mendesain dan membuat serta menyediakan dispenser pembersih tangan automatis yang terintegrasi dengan sistem pendeteksi suhu tubuh untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Teknologi ini nantinya dapat digunakan di tempat-tempat umum dan mampu dipindahkan dan disetting sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, diberikan pula pelatihan penggunaan dan perawatan alat dispenser hand sanitizer automatis terintegrasi pendeteksi suhu tubuh ini.

“Sasaran pemanfaatan teknologi dispenser automatis ini adalah lingkup perkantoran kota Kendari. Karena sejak diberlakukannya tatanan kebiasaan normal baru (New Normal), maka para pegawai telah kembali bekerja di kantor-kantor dengan menerapkan protokol kesehatan untuk Covid-19. Yakni dengan menggunakan masker, jaga jarak, rutin mencuci tangan dan menggunakan hand sanitizer serta melakukan pengukuran suhu tubuh,” ujarnya kepada awak media, Rabu (18/11/2020).

Ia mengaku, lokasi sasaran PKMI ini adalah kantor Kelurahan Lalolara, Kecamatan Kambu, Kota Kendari. Pemilihan lokasi sasaran karena jumlah masyarakat di Kelurahan Lalolara merupakan salah satu yang terbanyak dibanding kelurahan lainnya di kota Kendari.

Kegiatan PKMI-UHO, diketuai oleh Mustarum Musaruddin, ST., MIT., Ph.D, dan beranggotakan beberapa dosen Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik UHO, yaitu Abdul Djohar, ST., MT, Bunyamin, ST., MT dan juga melibatkan Teknisi Laboratorium Teknik Elektro, Muhammad Saparun, ST., MT serta beberapa Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro UHO.

Mustarum Musaruddin menjelaskan, bahwa Dispenser hand sanitizer automatis terintegrasi pendeteksi suhu tubuh terdiri dari dua komponen utama yaitu teknologi contactless (tanpa kontak) untuk menyemprotkan sanitizer ke tangan pengunjung serta teknologi pendeteksi suhu tubuh secara automatis yang ditampilkan pada panel display dan akan membunyikan alarm jika suhu tubuh pengunjung melebihi suhu normal yang telah ditentukan.

“Kedua system tersebut terintegrasi dan dikendalikan oleh sebuah Microcontroller. Selain itu ada pula sebuah storage penampungan sanitizer yang dapat dicustomize sesuai keinginan pengguna sehingga dapat menampung sanitizer dalam jumlah banyak,” ungkapnya.

Pengujian Dispenser hand sanitizer automatis terintegrasi pendeteksi suhu tubuh oleh Lurah Lalolara
Merespon kegiatan PKMI-UHO yang melakukan desiminasi teknologi tepat guna pencegahan Covid- 19 di Kelurahan Lalolara, bapak Burhanuddin Daming, SE selaku Lurah Lalolara mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan ini apalagi Dispenser hand sanitizer automatis terintegrasi pendeteksi suhu tubuh.

“Ini adalah produk putra daerah yang masih langka di pasaran tapi banyak dibutuhkan saat ini dan yang terpenting ialah bahwa teknologi yang dihasilkan ini dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat, beliau bahkan berharap teknologi ini dapat terus dikembangkan dan diproduksi massal serta diterapkan di seluruh fasilitas umum khususnya di kota Kendari sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19,” tutupnya.

 

*Redaksi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait