oleh

Gelar Sosialisasi, Dukcapil Launcing Aplikasi Simcard

KENDARIAKTUAL.COM,ANDOOLO– Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Konawe Selatan (Dukcapil Konsel) melaunching aplikasi Simcard yang dilakukan dalam acara sosilasisi pendaftaran penduduk yang digelar di Hotel Blits Kendari, Selasa (15/6/2021).

Bupati Konsel, Surunuddin Dangga saat membuka peluncuran Simcard dan sosialisasi pendaftaran penduduk mengapresiasi langkah Dukcapil Konsel yang memberikan inovasi baru dalam memudahkan masyarakat Konsel mengurus Adminduk.

Dia mengatakan langkah Dukcapil Konsel adalah upaya dalam rangka berfikir global diera modernisasi. Sebab, alas Surunuddin diera pandemi covid-19 pentingnya digitalisasi.

“Alhamdulillah hari ini dengan inovasi Dukcapil kita sudah termaksud salah satu kabupaten elektronik berbasis digital,” ungkap Surunuddin dalam sambutanya.

Surunuddin mengatakan, langkah yang dibuat oleh Dukcapil begitu penting. Mengingat kebutuhan masyarakat yang mendasar. Olehnya itu, bupati dua periode ini terus memperbaiki sistem pemerintahan berbasis elektronik dan digital.

“Adminduk sangat penting. Baik dalam kebutuhan sosial, penerima bantuan maupun dalam hal urusan kesehatan masyarakat,” nilai Surunuddin.

Surunuddin menekankan pihaknya tidak mau ada masyarakat Konsel terkendala bantuan sosial dan kesehatan hanya persoalan tidak memiliki KTP dan Adminduk lainnya. Menurutnya dengan adanya aplikasi simcard bagaimana mendekatkan pelayanan masyarakat dengan berkembangnya layanan teknologi.

Sementara itu, Kadisdukcapil, Muh Yusuf menuturkan, kegiatan ini merupakan inovasi untuk memutus calo dan pungli. Sistem ini, lanjutnya, memberi dukungan kepada masyarakat yang mengarah pada digitalisasi.

“Kedepan kita harapkan semua masyarakat Konsel memiliki dokumen kependudukan. Kami berharap kepada camat dengan kegiatan dan materi ini dapat mensosialisasikan kepada pemerintah desa dan masyarakat,” ungkap Yusuf.

Senada dengan itu, Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk, Muh Ichsan menuturkan dengan aplikasi berbasis Simcard pengurusan Adminduk bagi masyarakat memberikan efektivitas, efisien dan praktis.

“Efektif karena waktu yg dibutuhkan lebih singkat,
efisien pelayanan gratis, praktis pelayanan bisa dari rumah,” ujarnya.

Dia menambahkan bagi masyarakat yang hendak mengurus Adminduk dapat langsung mengakses aplikasi simcard.

“Mengurus Adminduk masyarakat tidak perlu lagi ke kantor capil. Sehingga tidak mengeluarkan biaya,” ujarnya Ichsan.

Ichsan menambahkan aplikasi simcard akan terus dievaluasi untuk menyempurnakan dalam proses mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

Reporter : Ari
Editor      : M Rasman Saputra


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait