oleh

Kapolres Konsel Dengar Curhatan Warga Mowila

KENDARIAKTUAL.COM,  ANDOOLO  – Bertajuk Jumat Curhat Kapolres Konawe Selatan AKBP Wisnu Wibowo ngopi bareng bersama warga Desa Monapa Kecamatan Mowila di rumah kadis Nakertrans setempat, Jumat (30/12/2022).

Kapolres mengatakan, dalam Jumat curhat dan ngopi bareng tersebut Masyarakat Desa monapa mencurhatkan permasalahan yang di alami oleh warga setempat.

“Dalam Jumat Curhat ini masyarakat Monapa dan masyarakat kecamatan mowila pada umunya yang sebagian besar bekerja sebagai petani mengalami kelangkaan pupuk subsidi untuk memupuk tanamanya,”jelasnya pada kendariaktual.com,  Jumat (30/12/2022).

Akibat dari itu terangnya, para petani di desa monapa dan warga kecamatan mowila pada umumnya membeli pupuk non subsidi dengan harga yang begiti tinggi.

Selain itu ungkapnya, Jalan swadaya masyarakat yang sering di lintasi mobil muat sawit yg mengakibatkan mengalami keruskan sehingga merugikan masyarakat yang membuat jalan swadaya tersebut.

“Dalam acara ini juga masyarakat mengungkapkan perusahan PT Merbau Jaya tidak memberikan plasma kepada warga pemilik lahan sawit selama 2 tahun,”terangnya.

Selain itu tutur Kapolres, Masyarakat petani desa monapa membutuhkan bibit padi yang baik dan unggul dan berlebel. Terkait masalah yamg disampaikan warga ini, Kapolres akan melakukan kordinasi dengan pihak terkait.

Dicontohkan Kapolres, terkait masalah kelangkaan pupuk yang di alami oleh warga pihaknya akan berkordinasi dengan kadis pertanian,agar masyarakat kecamatan Mowila tidak mengalami kelangkaan pupuk.

“Terkait mobil sawit yang sering melintasi jalan yang di buat swadaya oleh masyarakat desa monapa kami akan berkordinasi dengan kadis perhubungan agar di arahkan anggota DLLAJ untuk menjaga dan memberi kupon retrebusi kepada mobil yang mengangkut barang dalam hal ini mobil pemuat sawit,”ungkapnya.

Adapun belum di berikanya plasma oleh pihak perusahaan PT Merbau Jaya Indah raya kepada masyarakat pemilik lahan tukasnya, pihaknya akan berkordinasi dengan pihak perusahan PT Merbau Jaya Indah Raya agar plasma segera di berikan kepada pemilik lahan.

“Kegiatan Jum’at Curhat ini bertujuan untuk menampung Curhatan/Keluhan warga Desa dan kemudian membantu mencarikan solusinya. Selain itu juga merupakan sarana untuk menjalin silaturahmi dan mendekatkan lagi Hubungan yang baik antara Polri dalam hal ini Polres konsel dengan masyarakat,”tukasnya.

 

Reporter : Erik 
Editor       : Rasman

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.