oleh

Kembangkan Destinasi Wisata Pasir Putih Konsel, Dispar Sultra Gelar Sapta Pesona 2020

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – Dinas Pariwisata (Dispar) Sulawesi Tenggara (Sultra) kembali menggelar sosialisasi sadar wisata dan sapta pesona, bagi para pelaku wisata di kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sultra. Kegiatan sapta wisata tersebut, dilaksanakan di Pantai Pasir Putih, desa Watumelewe, kecamatan Tinanggea, Konsel, Senin (14/12/2020).

Kepala Dispar Sultra, La Ode Saifuddin melalui Kabid Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata, La Ode Aliuddin mengungkapkan, kegiatan sadar wisata dan sapta pesona bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk terlibat aktif dalam mewujudkan destinasi pariwisata, yang aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah dan kenangan di Pantai Pasir Putih, Konsel.

“Ini sebagai salah satu implementasi dari butir-butir sapta pesona di destinasi pariwisata kepada masyarakat. Kegiatan ini juga merupakan kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat setempat, dalam mewujudkan destinasi pariwisata yang aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah dan kenangan,” ujarnya.

Ketgam: Setelah penyerahan, Dispar bersama dengan masyarakat sekitar lalu menggelar aksi bersih-bersih Pantai Pasir Putih, Senin (14/12/2020). Foto: Istimewa

Menurutnya, pemberdayaan masyarakat sekitar destinasi pariwisata sangat berperan penting dalam menciptakan kondisi yang kondusif bagi wisatawan yang akan berwisata. Selain itu, katanya, pembangunan pariwisata tidak dapat berjalan dan berhasil tanpa adanya hubungan sinergis antara pmerintah, swasta dan masyarakat. 

“Untuk itu kami berharap, agar dengan dilaksanakannya kegiatan ini. Dapat meningkatkan kapasitas dan peran aktif masyarakat, dalam pembangunan kepariwisataan di wilayah ini. Khususnya dalam mewujudkan nilai-nilai sapta pesona,” tutupnya. 

Sementara, Kadispar Konsel, Adiwarsyah Toar mengaku, sangat berterima kasih atas penyelanggaraan sapta pesona di Pasir Putih, desa Watu Melewe, kabupaten Konsel. Menurutnya, kegiatan tersebut sangat membantu masyarakat dalam pengembangan kawasan pariwisata di daerah itu. 

“Harapan kami, dengan adanya sarana prasarana yang dibangun di Watumelewe, dapat memancing peningkatan jumlah kunjungan wisatawan. Kami juga berharap, mudah-mudahan kedepan Dispar Sultra bisa membantu memfasilitasi perencanaan master plan pembangunan Pantai Pasir Putih Watumelewe,” harapnya. 

Untuk diketahui, kegiatan aksi Sapta Pesona tahun 2020 diiktui oleh masyarakat sekitar Pantai Pasir Putih, desa Watu Melewe, Tinanggea, Konsel. Kegiatan ini dilaksanakan selama satu hari, dengan materi khsusu terkait dengan pengembangan pariwisata di daerah itu. 

Dalam acara ini juga dilakukan penyerahan peralatan kebersihan dari Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi kepada Kepala Desa Watumele, disaksikan langsung oleh Kadis Pariwisata Kabupaten Konsel bersama Camat Tinanggea. Setelah penyerahan, Dispar bersama dengan masyarakat sekitar lalu menggelar aksi bersih-bersih Pantai Pasir Putih.

 

Penulis: Randi Ardiansyah


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terkait