oleh

Ketua Nasdem Butur Tekankan Pentingnya Pendidikan Politik Bagi Generasi Muda

-Politik-37 views

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – Ketua DPD Partai Nasdem Kabupaten Buton Utara (Butur) Norbertus Simon menekankan pentingnya pendidikan Politik bagi Generasi Muda, khususnya di Sulawesi Tenggara (Sultra).

Menurutnya, pendidikan dan Politik memiliki makna yang berbeda namum memiliki tujuan yang sama dan saling menunjang dalam proses pembentukan karakteristik masyarakat, sehingga pendidikan politik dapat diartikan sebagai proses pembelajaran dan pemahaman sebagai aktivitas yang bertujuan untuk membentuk dan menumbuhkan orientasi orientasi politik pada individu.

“Mengingat peran aktif Generasi Muda dibidang politik sangat berdampak pada kemajuan suatu daerah, karena itu pemahaman tentang politik sudah harus ditanamkan sejak dini, khususnya bagi pemilih pemula,”jelasnya, pada kendariaktual.com,  Sabtu (4/9/2021).

Diungkapkannya, Indonesia terdiri dari berbagai daerah dan wilayah yang beraneka ragam, budaya masyarakat beragam apalagi kemajuan berpikir cenderung mengikuti perkembangan kota besar, lantas bagaimana perkembangan berpikir yang terjadi bagi suatu daerah yang kecil ? keadaan seperti inilah yang membuat ketidak seimbangan perbedaan berpendapat antara kota besar dan daerah.

Selain itu  Norbertus menuturkan berdasarkan pantauan Pengurus DPD Nasdem Butur, pendidikan politik kerap dilakukan oleh berbagai lembaga dan komunitas terkait, yang peduli dengan perkembangan Demokrasi di Indonesia, khususnya di Sulawesi Tenggara (Sultra).

‘Kami mengajak semua kader dan Pengurus DPD Partai Nasdem Butur, agar secara aktif melakukan sosialisasi kepada Generasi Muda dan Pemilih Pemula di Sulawesi Tenggara (Sultra), untuk memahami pentingnya pendidikan dibidang politik,”ungkapnya.

Namun Demikian, pendidikan Politik yang sudah dilakukan, baik dalam bentuk pelatihan maupun sosialisasi itu, belum secara spesifik menjelaskan peran aktif Generasi muda dan pemilih Pemula, tidak hanya sebagai wajib pilih, tetapi juga dapat dipilih jika nanti mencalonkan diri sebagai calon legislatif maupun eksekutif

“Kami harap kedepan Generasi Muda dapat memahami peran politiknya secara utuh, tidak sebatas wajib pilih saja, tetapi juga memiliki hak untuk dipilih, karena Partai Nasdem Butur selalu terbuka bagi pemuda yang mau berperan aktif dibidang Politik ini,”ujar Norbertus,Sabtu (04/9/2021).

 

Reporter : Krismawan
Editor    : M Rasman Saputra


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait