oleh

Mafindo Perkenalkan Kurikulum Tular Nalar Unusra

-Pendidikan-16 Dilihat

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – Ditengah arus penyebaran informasi yang sudah semakin cepat, Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) Wilayah Kendari, gencar mengedukasi dosen dan mahasiswa di Universitas Nahdlatul Ulama Sulawesi Tenggara (UNUSRA) untuk berpikir kritis hadapi penyebaran informasi hoax.

Menurut Jumrana Koordinator Wilayah (Korwil) Mafindo Kendari, penerapan kurikulum program Tular Nalar bisa menjadi salah satu alternatif yang dapat di masifkan terutama di dunia pendidikan.

“Tular Nalar sendiri itu merupakan sebuah program kolaborasi yah antara Mafindo,Maarif institute dan love frankie yang di dukung oleh Google.org. Program ini  menghadirkan kurikulum literasi media sebagai latihan-latihan berpikir kritis yang diwujudkan dalam berbagai sarana pembelajaran,” ungkap Jumrana pada kendariaktual.com Jumat (14/1/22).

Berbeda dengan Pelatihan Tular Nalar sebelumnya,Kali ini Pelatihan dilaksanakan secara Luring di Aula UNUSRA yang dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor III UNUSRA Syahruddin pada 13 Januari lalu. Kegiatan ini juga turut menghadirkan Jumrana Korwil Mafindo Kendari dan Sitti Utami R Kamil Ketua Komite Litbang Mafindo Kendari sebagai narasumber. Serta 27 dosen dan mahasiswa sebagai peserta.

“Maksud utama diselenggarakannya kegiatan pelatihan ini adalah untuk meliterasi dan melatih para dosen-dosen UNUSRA dalam hal menerepkan kurikulum Tular Nalar kedalam kurikulum perkuliahan,” ujar Sitti Utami R Kamil.

Kegiatan yang mengusung “Tema Penyemaian Kemanusiaan dan Berpikir Kritis” diharapkan  mampu melatih para peserta untuk melek media dan terliterasi digital serta memiliki kemampuan untuk berpikir kritis dan cerdas ditengah derasnya arus perkembangan teknologi dan informasi seperti saat ini.

Reporter : Erviana Hasan
Editor      : Rasman


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.