Perangi Hoaks, Mafindo Laksanakan Kelas Prebunking

Kendari195 Dilihat

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – Masyarakat Antifitnah Indonesia (Mafindo)melaksanakan kelas prebunking, Sabtu (30/9/2023) disalah satu hotel di Kota Kendari. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya untuk memperkuat dan mencegah hoaks.

Ketua Mafindo Sultra Jumrana mengatakan, melalui kelas prebunking ini pihaknya berupaya untuk mencegah beredarnua informasi hoaks di Masyarakat.

Jumrana mengungkapkan, kegiatan ini diikuti oleh berbagai komunitas yang ada di Kota Kendari. Dimana komunitas yang hadir terdiri dari Kendari Learming Center OJK, Komunitas Crafter Kendari, Komunitas 1.000 guru, Sultra Island Care, GenBi, Forum Anak Sultra, Gerakan Kendari Mwngajar, GMKI Kendari, kawan Inspirasi serta guru dan beberapa sekolah di Kota Kendari.

“Prebunking adalah upaya antisipasi dalam menangkal Hoaks lama bersemi kembali dan mengisi gap Informasi yang terjadi akibat kurangnya informasi ya.g tersedia agi Masyarakat,”jelasnya pada kendariaktual.com, Sabtu (30/9/2023).

Sementara itu salah seorang Fasilitator Rahmawati menuturkan, strategi prebunking melalui tahap prediksi, produksi dan desiminasi.

Ditambahkannya, prediksi dilakukan dengan memeriksa gap informasi hoaks daur ulang, aturan-aturam dan kebijakan serta mencermati Google trends, social network analisis, laporan manual dan lain-lain.

“Materi-materi inilah menjadi bahan untuk memproduksi prebunking. Selanjutnya adalah melakukan diseminasi hasil prebunking yang dilaksanakan berbasis Learninv Manajgement System (LMS),”tuturnya.

Reporter : Astin
Editor      : Rasman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Deprecated: str_replace(): Passing null to parameter #3 ($subject) of type array|string is deprecated in /home/kendariaktual.com/public_html/wp-content/plugins/newkarma-core/lib/relatedpost.php on line 627

Berita Terkait