oleh

PDIP Tunggu Keputusan DPP Soal Rekomendasi Cabup Muna

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – Hingga saat ini Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sulawesi Tenggara (Sultra) belum mengeluarkan surat rekomendasi, penunjukkan calon Bupati (Cabup) untuk kabupaten Muna. Hal itu diungkapkan langsung oleh Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Sultra, Lukman Abunawas saat ditemui awak media di kantor Gubernur Sultra, Kamis (6/8/2020).

Lukman mengaku, saat ini pihaknya masih menunggu keputusan dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) soal rekomendasi tersebut.

“Kita masih menunggu petunjuk dari DPP, kalau sudah ada petunjuk dari DPP baru kita bisa bicara. Yang jelas paling lambat tanggal 15 Agustus ini, sudah ada keputusan dari DPP,” terangnya.

Selain kabupaten Muna, katanya, pihaknya juga masih menunggu petunjuk soal rekomendasi untuk kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Kolaka Timur (Koltim) dan Konawe Kepulauan (Konkep).

Pemberian rekomendasi tersebut, sambungnya, akan dilakukan secara bersamaan dengan 75 kabupaten/ kota yang menggelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Indonesia yang diakomodir dari DPP PDIP.

“Sehingga di umumkan jelang 17 agustus, itu momennya. Jadi momen 17 Agustus yang 75 tahun, itu maksudnya. Sebenarnya Muna dan Konsel sejak minggu kemarin, cuma karena terlanjur yang lain juga sementara di godok atau di proses, sehingga sekarang tahap terakhir,” ungkapnya.

Meski begitu, Lukman menegaskan, untuk dukungan Cabup di kabupaten Muna, pihaknya sampai saat ini belum bisa memastikan arah dukungan.

“Tentang siapa yang di rekomendasikan. Yah nanti kita lihat pada penyerahaan. Yang penting pak Rusman masuk, yang lainya juga masuk pak Syarifuddin dan Rajiun masuk. Tapi tentunya yang akan di restu hanya satu saja kan,” tutupnya.

Sebelumnya, Lukman Abunawas membeberkan akan ada dua bakal calon kepala daerah, yang akan menerima rekomendasi dari Dewan Perwakilan Pusat (DPP) PDIP.

Mereka adalah pasangan Rusman Emba – Bahrun Labuta bakal calon Bupati di Kabupaten Muna dan Rusmin Abdul Gani – Senawan di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel).

Selain itu, saat ini sudah ada tiga pasang calon kepala daerah yang telah mendapatkan SK rekomendasi dari DPP PDIP Sultra. Ketiga pasangan itu yakni pasangan Abu Hasan di Buton Utara (Butur), Ruksamin dan Abu Haera di Konawe Utara (Konut) serta pasangan Haliana- Ilmiati Daud di Wakatobi.

 

Reporter: Hady Suryadi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait