oleh

PKK Konsel Minta Puskemas Aktif Sosialisasikan Pencegahan Covid 19

KENDARIAKTUAL.COM, ANDOOLO – Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) meminta puskesmas yang ada di wilayahnya untuk aktif melakukan sosialisasi pencegahan Covid 19.

Ketua TP PKK Kabupaten Konsel Nurlin Surunuddin mengatakan, pihaknya meminta petugas kesehatan di Puskesmas untuk mengampanyekan pentingnya penggunaan masker bagi masyarakat. Hal itu untuk mencegah penyebaran virus covid-19 di Konsel.

“Kami terus mengkampanyekan pencegahan covid 19. Salah satunya kami minta puskesmas-puskesmas di Konsel untuk berperan aktif melakukan kampanye pencegahan covid 19,”jelasnya, di rumah jabatan Bupati Konsel, Rabu (29/7/2020).

Anggota DPRD Sultra ini mengungkapkan, akibat ketidak patuhan beberapa orang masyarakat akan merugikan masyarakat lainnya. Jadi pihaknya meminta puskesmas melakukan sosialisasi agar masyarakat bisa lebih patuh terhadap protokol kesehatan Covid 19.

“Masyarakat harus kita edukasi. Sesekali sanksi sosial itu penting demi menyadarkan masyarakat. Sanksi sosial yang saya maksudkan adalah pasien yang berobat di Puskesmas untuk tidak dilayani sampai pasien itu datang dengan memakai masker,”ujarnya.

Dicontohkan Nurlin, jika masyarakat datang puskesmas dengan tidak menggunakan masker lantas mereka batuk resikonya adalah ke petugas kesehatan di puskesmas. Jadi pihaknya menyarankan wilayah wajib masker harus terus dikampanyekan.

“Saya berharap di puskesmas ada petugas yang menunggu pasien, mereka akan dipandu untuk mencuci tangan sebelum diperiksa petugas. Sehingga benar-benar terjaga,”tuturnya.

 

Reporter : Muhammad Anca

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait