oleh

Rekomendasi PDI-P Jatuh ke Tangan SBM

 

KENDARI AKTUAL. COM, TIRAWUTA- Hari ini, Selasa (11/8/2020) DPP DPI-P mengumumkan 75 nama-nama pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati yang akan mengikuti pemilihan kepala daerah (pilkada) pada tahun 2020.

Dari 75 nama tersebut, salah satu diantaranya terdapat nama pasangan calon (paslon) Samsul Bahri Madjid-Andi Merya Nur (Merry) yang direkomendasikan untuk bertarung di pilkada Kabupaten Kolaka Timur (Koltim).

Selain pasangan Samsul Bahri-Merry (SBM), ada tiga nama pasangan calon lainnya di wilayah Sultra dan juga direkomendasi DPP PDI-P. Mereka adalah pasangan Rusmin Abdul Gani-Senawan Silondae di Konawe Selatan (Konsel), pasangan LM Rusman Emba – Bachrun Labuta di Muna, serta pasangan Amrullah – Andi Muh. Lutfi di Konawe Kepulauan (Konkep). Pengumuman 75 nama-nama paslon dilakukan melalui telekonferens.

Dengan bertambahnya rekomendasi dari PDI-P, maka pasangan SBM sudah memenuhi syarat untuk mendaftarkan diri di KPU Koltim, bulan September nanti. Sebelum PDI-P, pasangan SBM telah mengantongi rekomendasi dari partai Demokrat.

Dari tujuh daerah yang melaksanakan pilkada serentak, PDIP telah lebih dulu mengumumkan pasangan calon untuk tiga kabupaten di wilayah Sultra.

Pasangan Haliana-Ilmiati Daud (Wakatobi), pasangan Ruksamin-Abu Haera (Konawe Utara), dan pasangan Abu Hasan-Suhuzu (Buton Utara).

Selain Demokrat,PDI-P, pasangan bertagline ‘SBM Anak Koltim’ ini juga kemungkinan besar akan memperoleh rekomendasi dari partai Gerindra.

Kata Sekretaris Umum DPW Gerindra Sultra, Safrullah, partainya tunggal mengusung pasangan Samsul-Merri ke DPP. Hal itu didasari karena elektabilitas pasangan SBM sangat tinggi dan memiliki peluang besar memenangkan pemilihan kepala daerah nanti.

“DPW sudah mengusulkan pasangan Samsul Bahri-Andi Merya Nur sebagai calon bupati dan wakil bupati Kolaka Timur ke DPP. DPW juga meminta agar segera merekomendasikan kedua pasangan ini, “sebutnya.

Diusulkannya pasangan SBM oleh DPW Gerindra,maka semakin mempersempit peluang Sabaruddin Labamba (SBL)-Ismail Iskandar untuk masuk dalam bursa calon pilkada mendatang. Malahan, pasangan ini terancam gagal mendapatkan pintu partai.

DPP PAN selama ini sudah mengeluarkan surat tugas kepada pasangan SBL-Ismail Iskandar. Keduanya diminta untuk mencari partai koalisi. Jika dalam waktu yang ditentukan belum berhasil menemukan partai koalisi, secara otomatis surat tugas tersebut gugur dengan sendirinya.

Nasib SBL bagai diujung tanduk. Peluang mendapatkan zonk sangat besar. Sebab semua partai pengusung di pilkada Koltim telah habis diambil oleh pasangan SBM dan Tony Herbiansyah-Baharuddin. Maksud hati memeluk gunung (maju bertarung), namun apa daya pintu partai tak ada.

DPW PAN Sultra sendiri akan menentukan sikap manakala SBL gagal meraih koalisi partai. Tak tanggung, DPW akan mengalihkan dukungannya kepada pasangan SBM. Seperti dikutip pernyataan Ketua POK DPW PAN Sultra, Sukarman disalah satu media online Sultra.

“DPW PAN Sultra akan mendorong pasangan Samsul Bahri Madjid-Andi Merya Nur untuk direkomedasi oleh DPP PAN. SK rekomendasinya bisa cepat karena partai pasangan tersebut sudah lengkap,”jelas Sukarman.

Jika pasangan SBM berhasil memboyong rekomendasi dari Demokrat, PDI-P, Gerindra dan PAN maka dapat dipastikan pilkada Koltim tahun ini head to head. Antara pasangan SBM melawan pasangan Tony Herbiansyah-H Baharuddin.

Reporter : Adinda Putri

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait