oleh

Truk Odol Rusak Jalan, Polres dan Warga Konsel Lakukan Perbaikan

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – Kondisi Jalan Poros Kendari-Konawe Selatan (Konsel), di Desa Lerepako, Kecamatan Laeya, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), menyebabkan pengguna jalan harus ekstra berhati-hati saat melintas.

Pasir yang bercampur dengan tanah terlihat hampir disepanjang jalan, selain dipenuhi lubang, kondisi jalan yang licin membuat banyak kendaraan terjebak dan sulit untuk melalui jalan tersebut.

Kapolres Konawe Selatan AKBP Erwin Pratomo melalui Kasatlantas Polres Konsel IPTU Yonatan, menjelaskan, kondisi jalan rusak parah tersebut diakibatkan oleh aktivitas angkutan truk bermuatan lebih atau truk Over Dimension Over Load (ODOL), yang kerap melintas jalan tersebut.

Atas kondisi itu, pihaknya bersama warga setempat secara swadaya melakukan gotong royong untuk memperbaiki badan jalan dengan peralatan seadanya.

“Berkaitan jalan tersebut kami bersama masyarakat Lerepako, berinisiatif sendiri di mana kondisi jalan kita pasca dilewati oleh kendaraan yang memuat bahan gula mentah yang mengakibatkan jalan semakin parah. Juga merupakan jalur kendaraan ekspedisi dari Makassar tujuan Kendari yang sering tertanam di waktu hujan turun,” ujarnya, Senin (27/7/2020).

Meski kondisi jalan tersebut belum pernah menyebabkan kecelakaan lalu lintas, namun pihaknya tetap menekankan seluruh pihak untuk bersama-sama melakukan perawatan terhadap badan jalan untuk meminimalisir potensi rawan kecelakaan.

“Untuk penekanan kami terkait kondisi jalan, saya berharap perusahaan baik kendaraan ekspedisi maupun perusahaan lainnya. Mari kita bergandeng tangan memelihara jalan kita karena jalan kita merupakan urat nadi perekonomian di Sultra dengan cara kurangi truk ODOL,” ujarnya.

Pihaknya juga menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan salah satu bukti bentuk usaha pelayanan dan kepedulian Polri terhadap masyarakat, sekaligus menjadi salah satu tugas pokok Polri untuk melayani masyarakat.

“Ikut gotong royong memperbaiki jalan, merupakan merupakan salah satu bentuk pengabdian dan pelayanan polri kepada masyarakat,” tutupnya.

Reporter : Muhammad Anca

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait