oleh

UM Kendari Bina Warga Desa Ulu Lalimbue Budidaya Ikan Bandeng dengan Sistem Organik

-Pendidikan-392 Dilihat

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – Sebagai bentuk pengabdian masyarakat dan berkontribusi dalam pembangunan daerah, Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK) melaakukan pembinaan kepada warga Desa Ulu Lalimbue, Kecamatan Kapoila, Kabupaten Konawe dengan obyek usaha budidaya ikan bandeng. Desa tersebut juga menjadi target sasaran pelaksanaan program inovasi dari Ristek Dikti
Kali ini tim pengabdian kepada masyarakat di ketuai oleh Dr. Sabaruddin Sondeng, SE.,M.Si bersama Dr. Ahmad Muhlis Nuryadi

Sabaruddin mengatakan, khusus pada program yang dijalankan ini diarahkan untuk penyelesaian berbagai permasalahan yang dihadapi oleh pembudidaya tambak bandeng terkhusus terkait metode budidaya organik.

“Selama kurang lebih 4 bulan kegiatan berjalan banyak hal yang telah kita benahi bersama dengan masyarakat pembudidaya sebagai mitra, mungkin belum semua dapat terselesaikan, namun paling tidak dengan program ini bisa membantu dalam upaya perbaikan sistem budidaya yang aman, murah dan berkelanjutan,” ungkapnya, Senin (26/9/2022).

Disamping memberikan pembinaan dari aspek budidaya, sambung dia, pihaknya juga memberikan motivasi dan system tatakelola manajemen, serta pemberian bibit dan pengadaan beberapa peralatan penunjang yang sangat mendasar.
Sementara itu, Ahmad mengharapkan, semoga tahapan proses pemeliharaan bisa lebih teratur dan dapat dijalankan secara mandiri oleh masyarakat,

Adapun La Ode Sumaila yang merupakan perwakilan petani sangat berterimakasih kepada pihak UMK terhusus kepada tim pelaksana telah memberikan pembinaan, bimbingan dan juga bantuan.

“Semoga dengan program ini dapat memberikan perubahan dan keberhasilan usaha budidaya ikan bandeng yang yang kami jalankan. Terimakasi banyak kepada tim pelaksana dan kepada Universitas Muhammadiyah Kendari,” tambahnya.

Untuk diketahui, program ini merupakan program dari kementerian ristek dikti yang ditujukan untuk memfasilitasi pada dosen dalam melakukan penerapan keilmuan langsung dalam masyarakat termasuk dalam dunia usaha atau UMKM.

Kepala Pusat Pengabdian, Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UMK, Eddy Hamka, menuturkan, dari program tersebut, hasil-hasil penelitian dosen ataupun keilmuan dosen tidak hanya selesai di kampus atau di ruang kuliah tetapi juga dapat dinikmati oleh masyarakat luas. Ini adalah bagain dari Caturdharma UMK.

“Melalui LPPM, UMK selalu berkomitmen untuk memberikan manfaat kepada masyarakat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) salah satunya melalui program-program pengabdian kepada masyarakat baik dari pendanaan internal maupun eksternal,” pungkas Eddy.

Reporter : Nurul
Editor      : Rasman

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.