oleh

Tim PKM UM Kendari Dampingi Nelayan Saponda Membangun Koperasi Syariah

-Pendidikan-734 Dilihat

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – Sebagai tindak lanjut pelaksanaan pelatihan yang dilakukan Tim Pelaksana Program Kemandirian Masyarakat (PKM) Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK) beberapa waktu lalu.

Selanjutnya Tim PKM yang diketuai Muhammad Rizaldi, SE., MM, melaksanakan pertemuan dengan kelompok nelayan bajo maju jaya di Pulau Saponda dalam rangka pendampingan pengembangan koperasi nelayan berbasis syariah dan pemanfaatan lampu bawah air serta fish finder.

“Kami serta mahasiswa berada di pulau saponda sekitar tiga hari akan melakukan pertemuan dengan mitra guna memfasilitasi mereka dalam pendirian koperasi nelayan yang berbasis syariah,” tutur Rizaldi, Senin (26/12/2022).

Dia mengungkapkan, hasil yang diperoleh dari kegiatan ini diantaranya tersedianya dokumen penting pendirian koperasi nelayan dengan nama Koperasi Nelayan Syariah Bajo Maju Jaya yang diketuai oleh Rustam. Dimana pemilihan ketua dilakukan secara aklamasi oleh peserta (mitra) untuk mengurus pendirian koperasi nelayan bersama dengan tim pelaksana.

Salah satu peserta rapat, menuturkan, pihaknya sangat bersyukur dengan adanya kegiatan ini, koperasi yang selama ini ingin dibentuk di Pulau Saponda. Akhirnya, dapat difasilitasi oleh dosen-dosen dari Universitas Muhammadiyah Kendari.

Tidak itu saja Tim PKM bersama mitra juga melakukan pembuatan lampu bawah air dan penggunaan fish finder oleh nelayan didampingi oleh dua orang mahasiswa.

“Banyak pengalaman dan ilmu yang kami dapatkan selama mengikuti kegiatan ini, diantaranya bagaimana mendampingi nelayan dalam membuat lampu bawah air dan penggunaan fish finder”, tutur seorang mahasiswa, Rizki Adin.

Kegiatan ini, didanai dari hibah Kemendikbud, melalui Program Insentif Pengabdian Kepada Masyarakat Terintegrasi Dengan MBKM Berbasis Kinerja IKU Bagi PTS Tahun 2022 atas prestasi Universitas Muhammadiyah Kendari dalam bidang pengabdian kepada masyarakat.

 

Reporter  : Dandi
Editor       : Rasman 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.