oleh

Antisipasi Hoax, Laboratorium Komunikasi UHO Gandeng Mafindo

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – Dalam upaya mengedukasi pemuda Generasi Z (Gen-Z) untuk tanggap dengan penyebaran informasi hoax. Laboratorium Ilmu Komunisi Universitas Halu Oleo Gandeng Mafindo Kendari Gelar Sharing Session “Menangkal Hoax Gen-Z.”

Koordinator Wilayah (Korwil) Mafindo Chapter Kendari Jumrana mengungkapkan meluas penyebaran informasi saat ini penting untuk mengedukasi generasi muda (Gen-Z) yang sangat familiar dengan peralatan teknologi komunikasi.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi Gen-Z karena mereka itu kan native digital. Mereka sangat familiar dengan gadget dan internet. Interaksi dan komunikasi mereka sebagian dilakukan di dunia Maya. Penting agar mereka memiliki digital skill agar  bijak dalam menggunakan media digital dan memanfaatkan berbagai konten yg tersedia”. Ujarnya saat dihubungi kendariaktual.com Minggu (3/10/21).

Kegiatan yang dilaksanakan pada 2 Oktober 2021 tersebut melibatkan kurang lebih 100 orang partisipan yang rata-rata berstatus mahasiswa ini digelar secara daring melalui Zoom. Dan diharapkan mampu mendorong semangat mereka untuk tanggap terhadap penyebaran konten hoax di media digital.

” Saya berharap berbagai kegiatan edukasi literasi digital yg dilakukan Mafindo dapat meningkatkan kesadaran dan pengetahuan serta mengubah sikap dan perilaku warganet dlm merespon berbagai konten di dunia maya.” Imbuh Jumrana yang sekaligus dosen di Fisip Universitas Halu Oleo (UHO)

Sementara itu dihubungi secara terpisah Kepala Laboratorium Ilmu Komunikasi UHO Sitti Utami R. Kamil yang juga turut hadir sebagai memberikan materi mengatakan kegiatan ini salah satu implementasi kerjasama Lab. Ilmu Komunikasi UHO dengan Mafindo Kendari yang sudah berlangsung sejak 2018 silam.

“Kami sudah berkerjamasa dalam berbagai bentuk kegiatan. Yang mana muaranya adalah pada kecakapan digital khususnya bagi anak muda atau mahasiswa,” ujarnya.

Untuk itu, ia juga berharap dengan hadirnya kegiatan seperti ini mampu meningkatkan kecakapan digital di kalangan pemuda khususnya mahasiswa sebagai bekal dalam mengikuti perkembangan zaman.

“Kedepan semoga semakin banyak kerjasama yang dilakukan Lab dengan Mafindo. Semisal mengadakan pelatihan rutin cek fakta, atau program-progran siaran bersama Mafindo,” pungkasnya.

Reporter : Erviana Hasan
Editor      : M Rasman Saputra


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait