oleh

Kanwil Kemenag Sultra Gelar Uji Kompetensi Jabatan Pengawas

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar uji kompetensi jabatan pengawas. Selasa (29/12/2020).

Uji kompetensi jabatan itu dilakukan sebagai upaya mewujudkan Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Kanwil Kemenag Sultra yang profesional dan juga berintegritas untuk menduduki jabatan pengawas yang setara dengan Eselon IV.

Kepala Bagian (Kabag) Tata Usaha (TU) Kanwil Kemenag Sultra, Muhammad Basri menuturkan, ada 2 kompetensi yang akan dinilai diantaranya kompetensi inti integritas, manegerial dan profesionalitas, serta kompetensi teknis.

“Yang pertama adalah tentunya integritasnya, yang kedua adalah manegerialnya bagaiamana strategi memanagemen nanti ketika mereka memimpin. Kemudian kita juga butuh profesional,” ujarnya.

Menurutnya, profesional yang dimaksud yakni dapat memahami tugas dan fungsi dalam melaksanakan tugas.

“Kita juga menguji kompetensi teknis, kategorinya seperti mampu menguasai IT dan memberikan presentasi serta membuat makalah,” bebernya.

Ia melanjutkan, berdasarkan Peraturan Menteri Agama Nomor 1 tahun 2020 tentang tehnik pelaksanaan uji kompetensi, pelaksanaan uji kompetensi ini dilaksanakan secara sederhana.

Para penguji yang terlibat dalam uji kompetensi tersebut diantaranya para Kabid, Kabag TU, serta diikuti oleh 13 pendaftar yang akan mengikuti tahap seleksi administrasi (berkas), barulah kemudian akan terseleksi 5 orang yang kudian akan mengikuti seleksi wawancara (uji kompetensi) dan akan dilantik pada januari 2021 mendatang.

Basri mengharapkan, para pengawas yang akan lolos nanti mampu menjadi ASN yang berintegritas dan profesional dalam melaksanakan tugas.

“Kita harapkan mereka-mereka yang ikut ini kedepan menjadi ASN yang berintegritas dalam menjalankan budaya kerja di lingkup kanwil kemenag sultra kemudian tentunya profesional dalam bertugas,” tutupnya.

Reporter : Erviana Hasan
Editor: Randi Ardiansyah

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terkait