oleh

Mengenal Kampung Bajo melalui Kegiatan PKL MBKM Antropologi FIB UHO

-Pendidikan-120 Dilihat

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – Jurusan dan Laboratorium Antropologi Universitas Halu Oleo (UHO) rutin melaksanakan kegiatan Praktik Kuliah Lapangan tiap semesternya. Di semester genap kali ini, kegiatan PKL disesuaikan dengan kurikulum MBKM. Pada 9–11 April 2022, PKL MBKM Antropologi mengusung tema “Belajar Kebudayaan Bersama Masyarakat”. Kegiatan ini diketuai oleh Sarlan Adi Jaya, dan dilaksanakan di Desa Ranooha Raya, Moramo, Konawe Selatan.

Saat di konfirmasi Ketua Jurusan Antropologi UHO Topo Jers mengatakan, Kegiatan ini memang bertujuan untuk memberikan pengalaman lapangan kepada mahasiswa. Selain itu juga sebagai tempat untuk implementasi ilmu yang sebelumnya sudah diberikan di dalam kelas.

“Mahasiswa melakukan pengambilan data di masyarakat setempat. Data didapatkan dari proses observasi dan wawancara kepada beberapa informan. Seluruh peserta dibagi ke dalam beberapa kelompok yang dibimbing oleh Dosen Pendamping Lapangan (DPL) sebanyak 13 orang,” kata Topo Minggu (17/4/22).

Lebih lanjut ia mengakatan, PKL MBKM ini dikaitkan dengan mata kuliah yang diprogram mahasiswa pada semester berjalan. Mata kuliah yang berkaitan antara lain Antropologi Kesehatan dan Folklor Indonesia bagi angkatan 2019, serta Etnografi Bajo, Antropologi Kehutanan, dan Antropologi Ekonomi bagi angkatan 2020.

“Waktu hari pertama tiba, mahasiswa melakukan observasi lokasi untuk melihat kebiasaan masyarakat serta hal lain yang dapat memperkaya data etnografi. Setelahnya dilakukan pengarahan oleh masing-masing DPL,” timpalnya.

Topo menambahkan Luaran yang diharapkan dari kegiatan ini adalah laporan berupa tulisan etnografi terkait mata kuliah bersangkutan. Untuk menghasilkan tulisan etnografi yang baik, DPL berperan untuk mengevaluasi data dan membimbing mahasiswa dalam proses penulisan laporannya.

“Dua kegiatan yang dilaksanakan Jurusan Antropologi FIB UHO ini diharapkan dapat memberikan manfaat, baik bagi civitas akademikanya juga bagi masyarakat setempat,” tukasnya.

Untuk diketahui Peserta kegiatan terdiri atas 92 mahasiswa yang merupakan gabungan dari mahasiswa angkatan 2019 dan 2020, didampingi oleh 13 orang Dosen Pendamping Lapangan (DPL).

Reporter : Erviana Hasan
Editor      : Rasman

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.