oleh

Ramadan dan Idul Fitri 1443 H, Bank Indonesia Menyediakan Uang Tunai Rp 2 T

-Ekobis-12 Dilihat

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – Memenuhi kebutuhan masyarakat Sulawesi Tenggara (Sultra) selama periode bulan
Ramadan dan Idul Fitri 1443 H, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Sultra menyediakan uang tunai sebesar Rp2 triliun.

Deputi Perwakilan Kepala Perwakilan KPwBI Sultra, Aryo Wibowo T. Prasetyo, mengatakan, kebutuhan masyarakat akan uang tunai pada Ramadan dan Idul Fitri tahun 2022 ini diperkirakan sebesar Rp1,4 triliun (Rp1,35T UPB dan Rp50 M UPK ) atau naik 7,7% (yoy) jika dibandingkan periode sebelumnya tahun 2021 sebesar Rp1,3 triliun.

“Besarnya kebutuhan uang tunai tersebut didasari pertimbangan aktivitas masyarakat yang sudah semakin normal,” katanya, Kamis 7 April 2022.

Jumlah kebutuhan uang tunai tersebut lanjut dia, dipenuhi dari persediaan KPwBI Sultra dan tambahan kas dari kantor Depot Kas Utama Sulawesi Selatan (Sulsel).

Adapun sambungnya, layanan penukaran uang rupiah akan dilakukan di 96 titik jaringan perbankan, yaitu melalui loket
penukaran di kantor cabang/ kantor cabang pembantu/ unit/ kantor kas bank di wilayah Sultra.

“Sementara itu layanan kas Bank Indonesia akan dilakukan dengan skema kas keliling wholesale clan retail dengan memperhatikan perkembangan kondisi pandemik dengan menerapkan protokol kesehatan,” jelas Aryo.

Untuk diketahui, Lokasi kas keliling dalam Kota Kendari dilakukan di area depan Mall Mandonga, depan Mall Kendari City, Pasar Anduonohu, depan Mall MGM dan pasar murah yang bertempat di lapangan tugu MTQ.

“Untuk kas keliling yang berada di luar kota, itu akan dilakukan di Wangi-wangi, Raha, Ladongi dan Rumbia,” papar Aryo.

Selain itu, Bank Indonesia juga melaksanakan layanan kas prima yaitu layanan kas berbasis digital dengan memanfaatkan aplikasi PINTAR yaitu aplikasi penukaran yang digunakan oleh masyarakat untuk melakukan pendaftaran jadwal penukaran, jumlah uang dan pecahan yang akan ditukar serta informasi jadwal layanan kas Bank Indonesia.

“Penggunaan aplikasi tersebut diharapkan dapat membantu dalam memastikan jumlah penukar dan modal kerja yang akan disediakan oleh Bank Indonesia. Aplikasi PINTAR
dapat diakses melalui link https:\\pintar.bi.go.id,” pungkas Aryo.

Reporter : Nurul
Editor       : Rasman


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terkait