oleh

Tips Menjaga Imun Ditengah Pandemi Covid-19

-Tips-88 views

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – Aktivitas di tengah pandemi virus corona atau Covid-19, tentu membutuhkan kondisi tubuh yang prima dan tetap harus menjaga kestabilan kesehatan dan imun tubuh. Sebab salah faktor yang menyebabkan virus mudah menyerang tubuh, akibat turun imun seseorang.

Di saat masa pandemi covid-19 seperti sekarang ini, masing-masing seorang individu harus mampu menjaga kesehatan agar tidak tertular virus. Masyrakat perlu menyiapaknramuan khusus untuk meningkatkan imun tubuh di masa pandemi virus corona Covid-19 seperti sekarang ini.

Sebagai manusia Anda perlu melakukan berbagai upaya yang tepat agar imun tubuh dapat terus meningkat. Dengan begitu, tetap bisa sehat selama masa pandemi virus corona covid-19.

Dilansir dari Liputan6.com, sejumlah tips-tips untuk menjaga imun tubuh patut untuk dipertimbangkan dan diterapkan. Utamanya bagi orang-orang yang tetap harus melaksakanan aktivitas di luar ruangan, utamanya bagi para pekerja lapangan.

Seperti dengan;

1. Menjaga Waktu Istirahat

Istirahat yang cukup sebelum kembali memulai aktifitas di esok hari. Istirahat yang cukup membuat tubuh memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat. Menurut National Sleep Foundation, seorang manusia dewasa setidaknya membutuhkan waktu untuk tidur selama kurang lebih 7-9 jam dalam sehari. Maka dari itu, istirahat yang cukup merupakan cara simpel saat proses meningkatkan imun tubuh. Perlu diingat, bahwa tanpa tidur cukup dalam sehari, tubuh tidak akan bisa memproduksi sitokin dalam jumlah banyak. Sitokin merupakan sejenis protein yang digunakan untuk melawan infeksi serta peradangan kemudian secara efektif akan menciptakan respon imun tubuh.

2. Mengkonsumsi Makanan Bergizi Seimbang

Juga menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan selama masa pandemi covid-19. Maka dari itu, perlu adanya gizi yang seimbang ketika makan agar seseorang dapat meningkatkan imun tubuh. Gizi yang seimbang merupakan susunan makanan sehari-hari yang mengandung zat gizi dengan jumlah serta jenis tertentu sesuai kebutuhan tubuh. Untuk itu seseorang perlu memperhatikan prinsip keberagaman pangan, mengontrol berat badan secara rutin, dan menjaga perilaku hidup bersih.

3. Konsumsi Makan Penunjang Sistem Imun

Mengkonsumsi makanan penunjang sistem imun, juga membantu kekebalan tubuh. Beberapa contohnya adalah brokoli dan bayam. Di dalam dua jenis sayur tersebut mengandung antioksidan tinggi serta vitamin A. Selain kedua sayur tersebut, masih banyak lagi makanan yang bisa Anda konsumsi untuk meningkatkan imun tubuh, di antaranya yaitu kunyit, bawang putih, seafood (ikan, kerang, tiram), serta buah-buahan seperti lemon, jeruk, kiwi, jambu, dan lain-lain.

4. Menjaga Kebersihan Makanan

Meski begitu, kita tentu harus bisa menjaga kebersihan makanan yang akan kita konsumsi. Dalam menjaga dan meningkatkan imun tubuh seseorang harus mampu menerapkan pola perilaku hidup bersih. Salah satunya yaitu dengan memperhatikan kebersihan makanan yang akan masuk ke dalam dirinya. Menjaga kebersihan makanan sangat perlu diperhatikan mulai dari cara membersihkan bahan, proses pembuatan, hingga perlengkapan atau alat yang akan digunakan saat makan dan minum. Hal itu dilakukan agar virus tidak masuk ke dalam tubuh manusia.

5. Rutin Konsumsi Air Putih

Dan jangan lupa untuk rutin dan memperbanyak mengkonsumsi air putih, hal itu untuk menjaga bahkan meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak terinfeksi virus. Maka dari itu Anda perlu memenuhi kebutuhan air sehingga tidak akan mengalami dehidrasi. Dalam sehari, setidaknya manusia harus mengkonsumsi air sebanyak dua liter atau lebih. Hal itu dapat membantu meningkatkan imun tubuh agar tidak membuat metabolisme menjadi turun sehingga memiliki potensi tertular virus.

6. Rutin Berolahraga

Rutin berolahraga dapat merangsang kinerja antibodi serta sel-sel darah putih. Menurut salah seorang ahli di National Institute of Health, olahraga dapat merangsang kinerja antibodi serta sel-sel darah putih. Sehingga kegiatan ini sangat cocok jika dilakukan pada masa pandemi guna meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Dengan berolahraga seseorang juga bisa mengeluarkan bakteri melalui saluran pernapasan, hal ini menjadikannya dapat mengurangi resiko terjangkit berbagai penyakit. Intensitas waktu untuk melakukan kegiatan ini kurang lebih sekitar 75 menit aktivitas fisik aerobik dalam satu minggu.

7. Hindari atau Jangan Merokok

Aktivitas merokok baik dengan rokok elektronik atau nikotin tetap saja dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh. Tidak hanya perokok aktif, namun perokok pasif juga akan terkena dampaknya ketika menghirup asap rokok. Hal itu dikarenakan nikotin dapat menambah jumlah hormon stress atau kadar kortisol. Kemudian akan mengurangi pembentukan respon antigen sel T serta antibodi sel B. Oleh karena itu, buat Anda yang ingin meningkatkan imun tubuh, coba hindari rokok dan berhenti mulai dari sekarang.

8. Jangan Konsumsi Alkohol

Selain menghindari rokok, alkohol juga wajib untuk dihindari. Banyak orang yang bilang jika banyak mengkonsumsi alkohol dalam tubuh dapat mematikan virus covid-19. Akan tetapi pada kenyataannya justru sebaliknya, ketika seseorang terlalu banyak meminumnya maka hal itu dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Kadar alkohol yang berlebihan dapat menurunkan daya tahan tubuh. Untuk itu, bagi Anda yang sedang dalam masa meningkatkan imun batasilah konsumsi makanan mengandung zat ini. Sebenarnya alkohol memang bisa membunuh virus, akan tatapi hanya pada permukaan benda mati.

9. Kelola Stress Dengan Baik

Ditengah pandemi Covid-19 saat ini, kondisi pikiran tentu sangat terganggu, olehnya kita perlu mengelola stress dengan baik. Sebab jika tidak maka dapat memicu adanya produksi hormon kortisol dalam jumlah besar. Ketika hormon kortisol tinggi, maka sistem imun dapat melemah. Dalam mengelola stress Anda bisa melakukan berbagai hal, seperti olahraga ringan, beraktivitas dengan hobi, aktif bersosialisasi bersama teman walaupun melalui telepon gengam, dan sebagainya.

10. Berjemur

Juga jangan lupa untuk sering-sering berjemur di bawah terik matahari, hal itu agar tubuh tetap bisa mendapatkan asupan vitamin D yang sangat diperlukan ketika meningkatkan imun tubuh selama masa pandemi Covid-19. Menurut salah satu dokter spesialis kulit dari RSUD Dr. Moewardi Surakarta, seseorang dapat meningkatkan kekebalan tubuh jika terkena paparan sinar mata hari pada jam 08.00-09.00. Intensitas waktu yang diperlukan untuk berjemur juga tidak perlu lama-lama. Cukup 10-15 menit saja setiap kali Anda melakukan kegiatan tersebut. Akan tetapi harus dilakukan rutin kurang lebih 2-3 kali dalam seminggu.

11. Batasi Tambahan Gula

Membatasi Penambahan Gula, Jumlah penambahan gula yang dikonsumsi sangat berpengaruh pada kelebihan berat badan seseorang. Jika itu, terjadi maka secara tidak langsung dapat melemahkan sistem kekebalan dalam tubuh manusia. Untuk itu selama proses meningkatkan imun tubuh, setidaknya Anda harus mampu berusaha membatasi asupan gula yang masuk hingga kurang dari lima persen dari jumlah kalori harian. Hal ini tentu bertujuan agar daya tahan tubuh tetap kuat di masa pandemi seperti ini.

12. Konsumsi Suplemen Secara Rutin

Konsumsi Suplemen Secara Rutin, Selain mengkonsumsi banyak makanan-makanan bergizi, terkadang seseorang juga perlu sumplemen pendamping dalam meningkatkan imun tubuh. Pemilihannya pun tidak bisa sembarangan, salah satu obat herbal yang bisa digunakan yaitu Mosehat, ramuan alami dengan sejuta manfaat. Mosehat sangat bermanfaat jika digunakan sebagai sumplemen tambahan dalam meningkatkan sistem imun tubuh. Obat herbal ini mampu melawan inflamasi, memperlancar peredaran darah, mengurangi kandungan lemak, dan memiliki kandungan antioksidan tinggi.

 

#Redaksi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait