oleh

Triwulan IV, Perekonomian Sultra Meningkat 7, 66 Persen

-Ekobis-1 Dilihat

KENDARIAKTUAL COM, KENDARI – Pada triwulan IV 2021, pertumbuhan ekonomi Sulawesi Tenggara (Sultra) tumbuh sebesar 7, 66 persen, meningkat dibanding triwulan sebelumnya yakni 4, 18 persen.

Diungkapkan, Plt. Kepala Perwakilan BI Sultra, Doni Septadijaya, pertumbuhan ekonomi Sultra tersebut lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 5,02 persen.

“Dari sisi penawaran, laju pertumbuhan ekonomi itu didorong oleh akselerasi kinerja lapangan usaha konstruksi dan perdagangan selaras dengan pembangunan proyek swasta dan pemerintah,” terang Doni di Bincang Bersama Media (BBM), Kamis (24/2/2022).

Sementara, sambung dia, di sisi permintaan, akselerasi pertumbuhan ekonomi Sultra, pada triwulan IV 2021 juga dikarenakan peningkatan investasi terutama dari industri pengolahan dan juga membaiknya konsumsi rumah tangga selaras dengan peningkatan daya beli dan mobilitas masyarakat.

“Harus diingat pula bahwa 2021, ekonomi Sultra mengalami pemulihan setelah sebelumnya pada tahun 2020 terkontraksi 0,65 persen,” paparnya.

Dia, menegaskan, pada 2021 perekonomian Sultra berhasil tumbuh 4,10 persen

 

Reporter : Nurul 
Editor      : Rasman


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terkait