oleh

Warga Wakatobi Jalani Karantina Mandiri

KENDARIAKTUAL.COM, WANGI-WANGI – Tercatat sebanyak 27 orang warga, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra) terkonfirmasi positif Covid-19. 19 sembuh, 22 kontak erat, 0 suspek dan 8 orang lainnya sementara menjalani perawatan karantina secara mandiri.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Wakatobi, Muliaddin menyebutkan kondisi 8 orang warga tersebut berdasarkan hasil SWAB, dalam kondisi tanpa gejala. Sehingga menjalani karantina secara mandiri di rumah masing-masing.

Sebarannya di Pulau Wangiwangi, yakni 3 orang positif di Kecamatan Wangiwangi, dengan 17 kontak erat dan 5 orang di Kecamatan Wangiwangi Selatan (Wangsel), dengan 5 kontak erat.

“Kita berharap, mudah-mudahan mereka tidak ada gejala sampai dengan 10-14 hari masa karantina. Sehingga mereka bisa dikatakan selesai karantina dan dinyatakan sehat setelah dilakukan cek atau pemeriksaan oleh tim medis yang di posko,”katanya saat ditemui di Wangiwangi, Kamis malam, (24/9/2020).

Kalau di rumah sakit, kata Muliaddin, kecuali ada gejala sedang atau berat. Karena tidak ada gejala, sehingga menjalani karantina mandiri dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Dengan revisi 5 ini, jika tidak ada gejala ketika dia reaktif hasil rapid, maka kita wajibkan untuk dilakukan karantina mandiri. Setelah masa karantina, sampai dengan 10 hari kalau tidak ada gejala, maka bisa kita nyatakan selesai karantina dan pemeriksaan tim medis. Bila sudah tidak ada gejala dari hasil itu, apakah sudah bisa kita nyatakan sehat, itu tergantung dari rekomendasi atau hasil pemeriksaan kesehatan Satuan Tugas (Satgas) penanganan Covid-19 Kabupaten Wakatobi,”ujarnya.

Lebih lanjut Muliaddin menjelaskan, sejumlah warga yang terkonfirmasi positif tersebut, diberikan pemahaman. Terutama Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS, jangan sampai menularkan ke orang lain. Sehingga dikarantina mandiri.

Kemudian dengan menjaga kondisi imun tubuh agar tetap prima, istrahat yang cukup, olahraga setiap hari, juga mengkonsumsi makanan bergizi seimbang. Terutama yang banyak mengandung vitamin supaya imunitas tetap baik dan terjaga.

“Sehingga dalam masa karantina 10-14 hari, mereka bisa pulih dan sehat kembali. Kita harapkan sekarang kan, kita di Wakatobi sudah pencanangan Wakatobi bermasker. Penegak hukum juga saat ini sudah melakukan patroli terhadap kepatuhan masyarakat. Terutama penggunaan masker ketika melakukan aktifitas diluar rumah,”jelasnya.

Reporter  : La Ode Suhardin

Ketgam : Ilustrasi-Foto sebaran Covid-19 di Kabupayen Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *