oleh

BI Sultra Launching Perpustakaan, Mendorong Budaya Literasi

-Ekobis-9 Dilihat

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – Mendorong budaya literasi, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Sulawesi Tenggara (Sultra)  menyediakan perpustakaan dengan sistem digital yang baru saja di launching, Senin (28/3/2022). Grand launching perpustakaan ini dirangkaikan Bedah Buku “Hari Telah Berganti: Transformasi Pertanian dalam Perekonomian” yang merupakan karya salah satu akademisi Universitas Halu Oleo, Prof. Dr. Ir. Azhar Bafadal, M.Si.

Plt Kepala KPwBI Sultra, Doni Septadijaya, mengatakan, sebagai upaya mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi salah satu elemen penting dan prioritas.

“Oleh karena itu Bank Indonesia sebagai otoritas moneter, stabilitas sistem keuangan, sistem pembayaran dan pengelolaan uang rupiah senantiasa menempatkan SDM sebagai target utama,” ungkapnya.

Mengingat lanjut dia  peran strategis SDM dalam menjamin suksesnya pembangunan dan efektivitas transmisi kebijakan Bank Indonesia. Salah satu indikator untuk mengukur kualitas SDM yakni tingkat pendidikan, sebagaimana digunakan dalam memformulasikan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) untuk mengukur tingkat kesejahteraan masyarakat yang akhirnya dapat berdampak pada penurunan tingkat pengangguran.

“Di sisi lain, peningkatan literasi atau pendidikan masyarakat juga mampu membentuk pola pikir yang baik, membangun karakter, membentuk akhlak menuju bangsa yang maju dan berbudi,” kata Doni.

Untuk pihaknya terus bersinerg dengan pemerintah daerah dan berbagai lembaga terkait melaksanakan berbagai program untuk mendorong peningkatan kualitas SDM.  Dirinya memaparkan, berbagai program dilakukan oleh KPwBi Sultra, baik melalui Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) berupa pemberian beasiswa kepada 5 universitas di Sultra dan menyerahkan bantuan pembangunan sarana-prasarana penunjang pendidikan, program Bank Indonesia Mengajar, hingga menyediakan fasilitas perpustakaan dengan standar mutu pengelolaan yang baik demi menjadi center of excellence di bidang pembelajaran dan riset guna mendukung organisasi yang berbasis pengetahuan melalui terciptanya learning environment, learning culture, dan menstimulasi
proses self-learning baik untuk pegawai Bank Indonesia maupun masyarakat Sultra.

Diketahui Grand Launching Perpustakaan BI Sultra dihadiri Ketua DPRD Sultra, Abdurrahman Saleh, Staf Ahli Bidang Ekonomi, Pembangunan, dan Keuangan Pemerintah Kota Kendari, Muhammad Saiful, Rektor Perbanas Institute & Ketua Dewan Penasehat PERHEPI, Prof. Dr. Ir. Hermanto Siregar, M.Ec  dan Ketua Umum Asosiasi Agribisnis Indonesia, Dr. Ir. Bayu Krisnamurthi sebagai narasumber.

Reporter : Nurul
Editor      :  Rasman


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terkait