oleh

Bupati dan Wakil Bertarung Dipilkada, Plh Kepala Daerah dari Pemprov

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – Pemprov Sulawesi Tenggara (Sultra) memastikan akan menunjuk Pelaksana Harian (Plh) Bupati di daerah, yang Bupati maupun wakil bupatinya bertarung di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 9 Desember mendatang.

Kepala Biro Pemerintah Sultra La Ode Ali Akbar mengatakan, saat ini ada lima daerah di Sultra yang akan menyelenggarakan Pilkada. Dari tujuh daerah ini hampir dipastikan seluruh Bupatinya maju bertarus di Pilkada.

“Saat ini Konsel, Muna, Buton Utara, Konawe Utara, Wakatobi, Kolaka Timur dan Konawe Kepulauan akan Pilkada. Sejauh ini semua bupatinya maju sebagai calon bupati. Jadi kami dari Pemprov akan menurunkan Plh Bupaati jika wakil bupati di tujuh daerah ini juga maju menjadi kontestan pilkada,”jelasnya, di ruang kerjanya, Kamis (30/7/2020).

Untuk saat ini ungkapnya, tiga daerah kemungkinan besar akan dijabat Plh dari Provinsi. Tiga daerah yang dimaksudkannya itu yaknni, Wakatobi, Konawe Utara dan Kolaka Timur.

“Di Wakatobi hampir pasti Bupati dan Wakilnya maju, begitupula dengan Konawe Utara dimana pak Ruksamin dan Pak Rauf juga maju. Hal yang sama juga di Kolaka Timur dimana pak Toni Herbiansyah dan Ibu Andi Merya Nur juga maju kembali,”ungkapnya.

Lebih lanjut diterangkannya, untuk Kabupaten Muna Wakilnya tidak maju jadi secara otomatis menjabat Plh. Sedangkan untuk Konawe Kepulauan, Butur dan beberapa daerah lainnya dia belum bisa memastikannya apakah Plh dari Pemprov Sultra atau wakil bupati setempat ditunjuk sebagai Plh.

“Plh Bupati nantinya akan menjabat selama 71 hari yang akan dimulai dari 26 September sampai dengan 5 Desember 2020. Adapun pengusulan Plh ini akan berlangsung pada Agustus atau satu bulan Plh dilaksanakan,”tuturnya.

Reporter : Hadi Suriyadi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *