oleh

Kakanwil Kemenag Sultra Lepas PPIH Kloter dan PPIH Arab Saudi 2022

-Kendari-416 Dilihat

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – Kakanwil Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Tenggara (Sultra) Zainal Mustamin resmi melepas Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi dan PPIH Kloter 1443H/2022 M Jumat (27/5/2022).

Kakanwil Kemenag Sultra, H Zainal Mustamin mengucapkan selamat kepada mereka yang menjadi PPIH Arab Saudi dan PPIH Kloter Tahun 2022.

“Kami ingakatkan agar semua bertugas dengan baik, sehat Wal Afiat sampai ke tanah air. Karena itu kita berdoa dan bersyukur semoga segala ikhtiar kita semua senantiasa memperoleh kemudahan dan keselamatan,” ungkap Kakanwil.

Sebagai PPIH, kata Kakanwil merupakan tugas negara yang sangat berat diemban. Maka perlu ditanamkan sebagaimana dijelaskan dalam pelatihan bahwa Nawaitunya yaitu bertugas untuk kepentingan Haji yaitu mengurus Jamaah, tidak mengedepankan kepentingan Haji personal. Maka, luruskan niat tersebut.

Selain itu juga, sesuai arahan Gus Menteri, Kakanwil menitip pesan bahwa Indeks Kepuasan Jamaah Haji Tahun 2022 harus  lebih meningkat dari 2019.

“Asumsi sementera mengapa meningkat karena layanan terhadap lansia sudah tidak ada, dan kapasistas jamaah yang kurang, maka dipredisksi akan meningkat. Tapi tidak ada jaminan tantangannya akan lebih ringan karena disana di Arab Saudi cobaan bisa datang kapanpun,” urai Kakanwil

“Saya juga minta kepada petugas Kloter  untuk memperkecil keterlibatan langsung didalam pengelolaan keuangan para jamaah, termasuk juga pengelolaan biaya lokal para Jamaah Haji,” Sambung Kakanwil.

Terakhir, Kakanwil berpesan kepada para petugas haji sekaligus menjadi Jamaah Haji untuk berperilaku CERDAS.

“C yaitu Cek kembali niat kita, harus tulus dan ikhlas. Huruf E yaitu Enyahkan penyakit hati. Huruf R yaitu Rajin mendampingi Jamaah. Huruf D yaitu Dalami setiap aturan, jangan siasati ataupun melanggar. Huruf A yaitu Anggap cobaan sebagai tantangan dan terakhir huruf S yaitu Selalu berdoa kepada ALLAH SWT,”tuturnya.

Sementara itu Kepada Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU), Marni, menjelaskan bahwa dari 917 Jamaah Sultra yang akan berangkat tahun ini, sebanyak 9 (Sembilan) PPIH disiapkan untuk membantu Jamaah Haji Sultra selama menjalankan Ibadah Haji.

“Terdiri dari 4 orang PPIH Arab Saudi, 5 PPIH Kloter, dengan sektor kerjanya masing-masing,” terangnya.

 

Penulis : Rasman

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.