oleh

Launching Program Kejar Tuntas, Dikmudora Kendari Ajarkan Siswa Kelola Sampah

KENDARIAKTUAL.COM, KENDARI – Dinas Pendidikan dan Kepemudaan dan Olahraga (Dikmudora) Kendari sejak dini mengajar siswa baik SD dan SMP terkait pengelolaan sampah khususnya sampah plastik.

Terkait itu, dinas yang dipimpin Hj. Saemina melaunching program Kejar Tuntas atau Satu Rekening Satu Pelajar Ciptakan Lingkungan Tanpa Sampah, bertempat di SMPN 2 Kendari. Program yang bekerjasama dengan OJK dan perbankan ini, dimaksudkan agar siswa lebih bijak dalam mengelola sampah.

“Melalui program tersebut, siswa diajarkan bahwa jika sampah dikelola dengan benar. Maka sampah pun dapat menghasilkan rupiah, dengan hadirnya bank sampah di sekolah,” katanya, Selasa (3/1/2023).

Sementara itu, Pj Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu mengatakan, program Kejar Tuntas merupakan program yang baik dalam memastikan sekolah bebas dari sampah.

“Diharapkan bank sampah di setiap sekolah bisa berfungsi secara maksimal dan mampu meningkatkan kesadaran diri setiap siswa maupun masyarakat umum lainnya, dalam menjaga lingkungan masing-masing baik di sekolah maupun di rumah,” jelas dia.

Apalagi sambungnya, bekerjasama dengan stakeholder seperti perbankan dan OJK memberi pemahaman kepada para pelajar bahwa sampah yang dikumpulkan ini dapat bernilai uang.

“Program ini pun mengajarkan anak-anak kita untuk lebih giat menabung melalui pengelolaan sampah,” katanya ditemui usai melakukan launching Program Kejar Tuntas.

 

Reporter : Nurul
Editor      : Rasman

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.