oleh

RSUD Kendari Kini Miliki Ruang Infection Center

-Kendari-16 Dilihat

KENDARIAKTUL.COM, KENDARI – Rumah  Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Kendari telah merampungkan pembangunan ruang isolasi pasien Covid-19. Ruang yang diberi nama Infection Center (IC) dibangun sejak tiga bulan lalu, dan telah diresmikan oleh Walikota Kendari Sulkarnain Kadir, Selasa (1/12/2020).

Sulkarnain Kadir mengungkapkan, selain diperuntukkan sebagai ruang isolasi pasien Covid-19. Ruang IC dibangun juga dipergunakan untuk merawat pasien yang terdampak penyakit infeksi seperti Tuberkulosis/TB Paru, serta HIV/AIDS. Ia berharap, dengan adanya gedung baru itu dapat memudahkan masyarakat dalam mengakses pelayanan penyakit infeksi, khususnya Covid-19.

“Hadirnya gedung IC ini atas prestasi bersama,kerja keras kita bersama,bukan kerja satu dua orang saja,” ujar Sulkarnain usai meresmikan Gedung IC RSUD Kendari.

Menurutnya, sejumlah fasilitas penunjang lainnya pun telah disiapkan di gedung IC RSUD Kendari. Seperti Unit Gawat Darurat (UGD) 24 jam yang dilengkapi dengan ruang dekontaminasi, laboratorium biomolekuler yang akan melayani pemeriksaan Polymerase Chain Reaction (PCR) Radiologi yang dilengkapi dengan mobile XRay.

Tidak hanya itu, juga tersedia ruang tindakan yang dapat digunakan untuk pelayanan tindakan-tindakan medis terkait infeksi, ruang pemulasaran jenazah, ruang perawatan intensif (ICU) yang menampung enam tempat tidur, depo farmasi dan ruang perawatan biasa sebanyak 40 kamar yang dilengkapi dengan fasilitas bed, oksigen sentral, kamar mandi, AC, exhaust fan, hepafilter dan akses wifi.

“Fasilitas ini juga dilengkapi dengan pelayanan oleh tim tenaga kesehatan, yang terdiri dari dokter spesialis, dokter umum, perawat, radiografer dan tenaga kesehatan,” tutupnya.

 

Reporter: Astin


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terkait